tips-membiasakan

Bagaimana mengajarkan si kecil untuk makan sendiri?

Sekarang si kecil sudah mampu mengambil peran lebih banyak di  waktu makannya, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Ibu lakukan untuk membantunya.

  • Tempatkan berbagai makanan sekali suap (finger food) di atas piringnya dan biarkan ia bermain dengan makanannya. Tentunya akan berantakan, tapi dengan ini ia belajar untuk memegang sendiri dan memasukan makanan ke dalam mulutnya.
  • Batasi jumlah makanan yang Ibu berikan padanya. Cara ini akan mengurangi rasa bingungnya dan lebih bersih karena tidak banyak makanan yang berceceran.
  • Perkenalkan makanan baru secara teratur. Belum tentu mereka akan menyukainya, tapi tetaplah mencoba karena hal baru sangat disukai si kecil.
  • Sesekali, biarkan si kecil makan dari piring Ibu. Ia mengira kalau makanan Ibu lebih menarik (hanya karena itu milik Ibu), dan selama pilihan makanan tersebut aman baginya, Ibu boleh membiarkan si kecil memakannya. Ibu juga bisa meletakan beberapa finger food dalam piring Ibu. Jika ia berpikir kalau itu adalah makanan Ibu, maka ia lebih tergoda untuk memakannya.
  • Jangan memaksa si kecil untuk makan. Ia akan makan saat ia lapar dan berhenti ketika kenyang.
  • Si kecil akan membuat berantakan. Tetap bersabar dan jangan memarahinya. Sangat penting untuk mendukung, bukan malah menghukumnya pada saat ia makan. Di sisi lain, perhatikan jumlah asupannya. Bila si kecil hanya melemparkan kacang polong dan memainkan yogurt tanpa benar-benar memakannya, itu berarti saatnya mengakhiri waktu makan.