Tahukah ibu bahwa asupan gula atau sucrose berlebihan dapat berpengaruh terhadap perkembangan si kecil sehingga patut diwaspadai?

Sucrose atau sukrosa termasuk ke dalam jenis gula alamiah yang didapatkan dari karbohidrat dan umumnya dikenal sebagai gula pasir ataupun berbagai bentuk gula lainnya. Dalam batas normal sucrose akan berfungsi sebagai sumber energi, namun apabila dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan kegemukan karena sumber energi tersebut tidak digunakan dengan maksimal. Selain kegemukan, konsumsi sucrose berlebihan dapat menyebabkan kekurangan gizi. Karena, apabila pola makan si kecil didominasi oleh sucrose maka asupan gizi penting lain seperti lemak, mineral dan protein akan berkurang.

Kesehatan si kecil yang terganggu karena pengaruh konsumsi sucrose berlebihan dalam jangka panjang tentu saja dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasannya. Oleh sebab itu maka ibu perlu membatasi kandungan sucrose yang sering ditemui pada makanan dan minuman si kecil sejak dini.

Untuk mendukung nutrisi si kecil dapat selalu terpenuhi dan perkembangan kecerdasan menyeluruh si kecil tetap optimal, kini Enfagrow A+ New Extra Advanced Formula hadir dengan rasa Original yang diformulasikan khusus dengan nutrisi lengkap 0% sucrose. Tentu saja dengan rasa yang sama enaknya dengan varian lainnya.

Nutrisi yang tepat sangat diperlukan pada perkembangan kecerdasaan (IQ & EQ) si kecil. Namun, disamping nutrisi yang tepat, peranan orang tua dan cara mendidik juga memberikan pengaruh besar. Pola asuh yang baik seperti pengenalan berbagai macam emosi sejak dini, memenuhi kebutuhan emosionalnya agar merasa nyaman dan dihargai serta respon penuh empati dapat membentuk kecerdasan emosional yang lebih tinggi bagi si kecil, sehingga ia dapat lebih mudah menjalin hubungan sosial yang baik, komunikasi yang efektif, mengatasi situasi sulit dan mengelola stress dengan baik hingga usia dewasanya.

 

Referensi:

Goleman, D. (2010). Emotional intelligence: why it can matter more than IQ. London: Bloomsbury.

Sugar - yes, you're sweet enough http://www.cyh.com/HealthTopics/HealthTopicDetailsKids.aspx?p=335&np=284&id=2685 Date Accessed August 12, 2018