Bagaimana Menjadi Ibu Bahagia?

Melihat si kecil yang terlahir di dunia mungkin salah satu hal yang paling membahagiakan. Namun kerap kali kebahagiaan tersebut harus berhenti ketika dihadapkan dengan tanggung jawab mendidik anak. Banyak orang tua yang stress dalam mendidik anak. Akibatnya, mereka jadi kehilangan kebahagiaan sejati. Lalu, bagaimana caranya kita mendidik anak dengan cara yang menyenangkan? Berikut tips yang dapat Ibu lakukan di rumah.

Jangan ragu meminta bantuan

Mungkin saat ini Ibu masih bekerja dan si kecil sedang aktif-aktifnya. Pekerjaan kantor yang menumpuk, belum lagi dengan pekerjaan rumah yang menggunung. Hal ini akan membuat Ibu semakin mudah untuk stres. Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan kepada Ayah, orang tua, saudara, atau tetangga untuk membantu Ibu mengurus si kecil. Namun ingat, mereka membantu, bukan menggantikan pekerjaan Ibu. Tentu mereka pasti mau membantu Ibu yang sedang kesusahan.

Jangan lakukan semuanya sendiri

Ibu memang yang paling sering berhubungan dengan si kecil, namun tak lantas hal tersebut membuat Ibu menjadi yang paling tahu segalanya tentang dia. Perbolehkan Ayah untuk membantu Ibu. Jangan pernah melakukan semuanya sendiri. Biarkan Ayah atau anggota keluarga lain melakukan hal lain dengan cara mereka sendiri. Percayalah pada mereka. Mereka ada untuk membantu Ibu mendidik anak, sadarilah itu.

Manjakan diri sesekali

Seminggu penuh mungkin Ibu habiskan untuk bekerja dan mengurus rumah. Hal ini tentu melelahkan dan menjemukan. Sesekali, luangkan waktu untuk memanjakan diri. Ibu tak harus pergi ke salon untuk melakukan perawatan atau sejenisnya, cukup membaca buku atau mendengarkan musik sendiri di rumah dapat jadi aktivitas me time yang tepat.

Lakukan hobi bersama

Bila hobi si kecil sama dengan Ibu, kenapa tidak melakukannya bersama? Tak perlu sungkan untuk melakukannya, meskipun sudah lama Ibu tidak melakukan hobi tersebut. Hal ini akan semakin mendekatkan Ibu dengan si kecil. Selagi melakukan hobi bersama, Ibu dapat mengenal lebih jauh karakter si kecil. Mendidik anak bisa jadi sangat menyenangkan bukan?

Rekreasi bersama

Ajak seluruh anggota keluarga untuk berekreasi bersama. Mungkin Ibu dapat memilih lokasi liburan yang menawarkan edukasi. Ibu dan keluarga dapat beraktivitas bersama sehingga penat hilang, namun tetap dapat mendidik anak dengan baik.

Nikmati permainan anak

Bermain bersama si kecil? Kenapa tidak? Bila hal tersebut dapat menyenangkan hati si kecil, tentu bisa juga menyenangkan hati Ibu. Sesekali Ibu boleh menghilangkan batasan orang tua dan anak. Saat ini, si kecil adalah teman dan sesama teman harus bermain dan berbagi bersama.

Itulah beberapa cara agar mendidik anak menjadi menyenangkan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengerjakan semuanya sendiri, ingatlah bahwa Ibu memiliki keluarga yang siap membantu. Cari tahu lebih lanjut pula seputar konsultasi rumah tangga di Enfa A+ dengan konsultasi via WhatsApp ke nomor 08777700253. Tim ahli kami siap bantu menjawab pertanyaan Ibu seputar rumah tangga serta tumbuh kembang si kecil setiap hari Senin – Jumat, pukul 09.00 – 17.00 WIB.