agar-si-k

Bagaimana menumbuhkan rasa ingin tahu si kecil seputar waktu makannya?

Ibu dapat menggunakan pendekatan saat bermain dengan makan siang. Keduanya merupakan kesempatan untuk menstimulasi dan mendorong kemampuan si kecil. Pada usia ini, si kecil menganggap hampir semuanya hal itu baru dan asing. Cara terbaik untuk melibatkannya adalah dengan menarik rasa ingin tahu dan panca indra-nya.

Kenalkan si kecil pada makanan dalam beragam tekstur, suhu, dan konsistensi. Biarkan ia menyentuh, merasa, dan membandingkan, misalnya antara telur orak-arik dengan telur rebus. Tunjukkan beberapa makanan hangat (kentang), dingin (yoghurt), lunak (bubur), dan keras (biskuit).

Kenalkan si kecil dengan berbagai jenis buah dan sayuran yang berbeda warna, bentuk dan teksturnya di supermarket atau pasar dan belilah sesuatu yang baru untuk dimasak di rumah. Kunjungi sebuah peternakan atau perkebunan dimana ia bisa melihat sendiri proses pertumbuhan makanan yang biasa dimakannya. Tanam berbagai macam rempah di rumah dan minta ia untuk membantu Ibu merawatnya. Tunjukkan padanya bagaimana Ibu memetik daun dan menambahkannya ke dalam masakan.

Dengan mengenalkan si kecil pada berbagai jenis makanan dan melibatkannya saat Ibu menyiapkan makanan, akan menumbuhkan rasa penasaran dan bahagia yang membuatnya selalu ingin mencoba mencoba masakan baru. Selanjutnya, ia akan mengerti dan belajar manfaat dari makanan yang sehat.