Si kecil akan mencapai tahap perkembangannya dengan kecepatannya sendiri. Tapi jika Ibu ingin mendukung perkembanganya sambil berinteraksi dan menjalin hubungan dengan si kecil, berikut ini adalah hal-hal yang dapat Ibu lakukan.

Kemampuan Kognitif

Tahap perkembangan anak:Meningkatkan daya penglihatan

Stimulasi perkembangan bayi 0-3 bulan: Memberikan mainan gantung pada boks bayi, pilihkan yang memiliki pola sederhana seperti garis atau warna yang kontras (misalnya hitam dan putih), pilih juga mainan lainnya dengan tipe yang sama.

Mengapa: Si kecil masih memiliki keterbatasan penglihatan saat lahir, fokus terbaiknya adalah dalam jarak dekat. Karena pola yang sederhana mudah dilihat, si kecil akan tertarik dan melihat benda tersebut lebih lama. Stimulasi visual ini akan mengembangkan indera penglihatannya.

Langkah selanjutnya: Berikan si kecil mainan yang berbeda-beda agar ia melihat banyak benda baru. Ia akan menikmati melihat pola melengkung dan warna-warna yang terang, tentunya dengan kontras warna yang tinggi (seperti biru dan kuning atau merah dan hitam) hingga usia 3 bulan

Tahap perkembangan anak: Memantau (mata mengikuti gerak benda)

Stimulasi perkembangan bayi 0-3 bulan: Peganglah mainan genggam dalam jarak 20-30 cm di depan si kecil dan tunggu hingga ia fokus pada benda tersebut. Lalu perlahan gerakan mainan genggam dari kiri ke kanan dan biarkan mata si kecil mengikuti pergerakkan ini.

Mengapa: Aktivitas ini akan membantuk si kecil untuk mengembangkan koordinasi visual dan mengenal jarak. Saat benda ada di tengah wajahnya, koneksi otak kanan dan kirinya terstimulasi. Hal ini berfungsi untuk membantu otak bekerja dan mencerna informasi secara terkoordinasi.

Langkah selanjutnya: Jika Ibu memberikan stimulasi ini secara konsisten, si kecil akan berusaha meraih benda yang ia lihat, yang selanjutnya akan mendukung  koordinasi mata dan tangan.

Kemampuan Motorik  

Tahap perkembangan anak: Mengangkat kepalanya sendiri

Stimulasi perkembangan bayi 0-3 bulan: Biarkan si kecil bermain dalam posisi tengkurap

Mengapa: Si kecil akan mengangkat kepalanya untuk melihat sekitar sehingga menguatkan otot leherya.

Langkah selanjutnya: Dengan bermain pada posisi tengkurap, si kecil akan mengerti cara untuk mengangkat tubuhnya dengan bertopang pada lengannya.

Tahap perkembangan anak: Menggengam

Stimulasi perkembangan bayi 0-3 bulan: Letakkan mainan genggam pada tangan si kecil.

Mengapa: Awalnya, refleks genggam si kecil akan membantunya menggenggam mainan. Pada usia 3 bulan, tangan si kecil berada dalam keadaan setengah terbuka setiap saat dan ia akan belajar untuk membuka juga menutup tangannya. Memberikan mainan yang dapat digenggam akan membantunya melatih kemampuan ini.

Langkah selanjutnya: Latihan ini akan membuat si kecil mampu menggoyangkan mainan genggamnya sendiri (sekitar usia 3 sampai 4 bulan).

Kemampuan Komunikasi

Tahap perkembangan anak: Mendekut

Stimulasi perkembangan bayi 0-3 bulan: Ajak si kecil berbicara, khususnya (tapi tidak selalu) dengan gaya ala orangtua, yaitu dengan suara yang tinggi, dan riang agar si kecil mudah menyerapnya.

Mengapa: Si kecil belajar tentang bahasa dari kata sederhana hingga kalimat kompleks dari mendengarkan Ibu berbicara. Si kecil lebih memilih suara dengan nada tinggi, khususnya suara Ibu. Terpaparnya si kecil dengan bahasa bayi juga oleh bahasa normal dewasa akan membantu mengembangkan kemampuan bahasanya.

Langkah selanjutnya: Bacakan buku untuk si kecil (walaupun ia belum mengerti ceritanya). Saat si kecil mendengar suara Ibu pada situasi yang berbeda-beda, ia akan belajar untuk mendekut dan berceloteh sederhana untuk mengungkapkan perasaannya.

Kemampuan Sosial

Tahap perkembangan anak: Tersenyum

Stimulasi perkembangan bayi usia 0-3 bulan: Balas senyum si kecil saat ia tersenyum pada Ibu.

Mengapa: Senyum si kecil yang disengaja akan mulai terlihat pada usia 6 minggu. Balasan senyum yang antusias dari Ibu akan membantu si kecil mengerti komunikasi dua arah. Senyum juga menjadi cara terbaik untuk menjalin hubungan dengan Ibu, selain dengan menangis.

Langkah selanjutnya: Senyumlah pada si kecil saat ia sedang memandang Ibu. Hal ini akan memberikannya kesempatan untuk membalas senyum Ibu.

Baca juga cara untuk stimulasi si kecil untuk usia 1 bulan sehingga ibu dapat mendukung perkembangannya.