inilah

Pada bulan ini, perubahan yang terjadi pada si kecil mungkin tidak begitu terlihat. Namun tiap perkembangan akan membantunya menemukan dan berinteraksi lebih banyak dengan dunia sekelilingnya. Pencapaian dalam tahapan tumbuh kembangnya (milestones) saat ini merupakan persiapan untuk pencapaian yang lebih besar yang akan muncul kemudian. Dan Ibu merupakan bagian dari semua itu, mulai dari menyediakan nutrisi yang baik sampai dengan memberikan rangsangan sederhana.

Walaupun pencapaian perkembangan si kecil berbeda-beda, berikut adalah beberapa hal penting yang bisa terjadi di bulan ini.

Perkembangan Kognitif

Dalam keadaan bangun, si kecil menyerap segala hal yang bisa dilihatnya dan suara di sekitarnya. Walau demikian, ia dapat menjadi rewel bila mendapat stimulasi yang berlebihan. Benda-benda dengan warna yang kontras antara terang dan gelap masih tetap lebih banyak menarik perhatiannya dibandingkan dengan yang berwarna lembut, karena warna yang kontras lebih mudah untuk dilihat pada tahap perkembangan visualnya saat ini. Di mata si kecil, wajah Ibu pun memiliki jenis kontras seperti ini. Besar kemungkinan Ibu akan mendapatinya sedang mengamati wajah Ibu dan mendengarkan suara Ibu. Ia pun senang mengamati benda-benda yang bergerak dengan lambat. Namun karena matanya belum terkoordinasi secara baik, Ia masih belum dapat mengikuti sesuatu dari satu sisi ke sisi lainnya. Perkembangan tersebut kemungkinan akan terjadi pada akhir bulan pertama ini.

Perkembangan Motorik

Salah satu  perbedaan terbesar antara si kecil yang baru lahir dan yang berusia satu bulan terletak pada perkembangan kontrol lehernya. Pada awalnya, si kecil hanya dapat mengangkat dan menahan kepalanya di posisi naik selama beberapa detik saja, Ibu masih harus menyangganya saat ia dalam posisi tegak. Sejalan dengan bertambah kuatnya otot-otot, ia akan mampu mengangkat kepalanya untuk waktu singkat saat ia diletakkan pada perutnya. Si kecil dapat mengangkat kepalanya dan melihat lurus ke depan, atau menggerakkannya dari satu sisi ke sisi yang lain. Olah kekuatan ini merupakan latihan untuk gerakan-gerakan yang lebih kompleks nantinya, seperti mengangkat diri,  berguling, duduk dan merangkak.

Perkembangan Komunikasi

Tarik nafas Ibu dalam-dalam, karena menangis mencapai puncaknya di usia 6 minggu, dimana si kecil menangis selama rata-rata tiga jam per hari (atau lebih, bila ia menderita kolik). Kenapa bisa selama itu? Ingat, ini adalah cara utamanya berkomunikasi. Menangis juga bisa menjadi caranya melepaskan tekanan (stress)  yang terbangun dari semua stimulasi yang didapatnya sepanjang hari. Saat ia terbangun dan awas, cobalah untuk melibatkan si kecil dalam sebuah “percakapan”. Walaupun ia masih belum mampu untuk menyahut balik, tetapi ia senang sekali mendengar bunyi suara Ibu. Pada kenyataannya, suara Ibu adalah bunyi favorit si kecil usia satu bulan karena nada tinggi dan intonasi familiar yang dimilikinya.

Perkembangan Sosial

Si kecil sekarang telah mengenal Ibu dan mungkin akan memberikan lambaian tangan atau tendangan kaki yang tersentak-sentak pada saat Ibu mendekatinya. Namun pada akhir bulan ini, Ibu akan mendapat ucapan salam favorit yang baru dari si kecil, yaitu senyum pertamanya. Senyuman sosial pertamanya, selain senyum yang mungkin Ibu lihat di wajahnya saat ia tidur, muncul di sekitar empat minggu setelah kelahiran. Dalam beberapa minggu ke depan, si kecil mungkin akan cukup sering membagi senyumnya sebagai balasan dari senyum yang diterimanya dari Ibu dan orang-orang lain.