Bagaimana cara untuk memastikan si kecil mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan selama beberapa bulan pertamanya? Para Ibu ini berbagi tipsnya.

Percaya pada Diri Sendiri
“Abaikan orang-orang yang mengkritik ketika Ibu menggendong si kecil setiap kali ia menangis. Mereka akan mengatakan bahwa cara ini akan membuat ia manja. Tapi beberapa bulan pertama benar-benar terlalu dini untuk membentuk kebiasaan buruk. Kemungkinan besar jika si kecil menangis, karena ia lapar atau membutuhkan sesuatu yang lain. Menanggapinya adalah hal yang sangat masuk akal. " Susan B.

“Sebelum saya punya bayi, saya tidak percaya bahwa saya akan bisa melakukannya, tapi ternyata saya benar-benar bisa mengetahui kapan ia menangis karena ia merasa lapar. Tangisan tersebut sangat berbeda dan memiliki ritme tersendiri. Hal itu membuat saya merasa lebih percaya diri. Bersabarlah, dan dengan terus mencoba, Ibu mungkin akan tahu caranya sendiri.” Riva R.

“Semua orang mengatakan bahwa Ibu mengetahui apa yang si kecil katakan melalui tangisan, seperti apakah ia lapar, ngompol, bosan atau apa pun. Tapi saya tidak pernah menyadari hal ini! Semua tangisan terdengar sama bagi saya dan pasangan. Kecuali jika si kecil menangis terus menerus karena kolik, yang kami tahu karena ia meraung-raung di waktu yang sama setiap malam selama berminggu-minggu. Tetapi bahkan selama tangisan akibat kolik tersebut, kadang-kadang ia merasa lapar. Tidak perlu merasa gagal jika belum mengerti cara memecahkan arti tangisan. Ibu dan si kecil pasti akan bisa melaluinya! Calli S.

Menyusui ketika Jauh dari Rumah
“Saya menginvestasikan beberapa baju menyusui yang keren dan juga bra untuk menyusui. Mengangkat baju atau membuka kancing di dalam rumah mungkin bisa dilakukan, namun untuk di luar rumah, akan lebih baik jika memiliki baju khusus menyusui. Pastikan pakaian dan bra yang Ibu pilih dirancang khusus sehingga dapat dengan mudah membukanya dengan satu tangan. " Nora S.

“Saya mengenakan kardigan yang besar dan nyaman ketika pergi keluar. Ini merupakan cara sederhana untuk mendapatkan privasi ketika menyusui di tempat umum.” Trisha M.

“Kemasi baju ganti untuk diri sendiri dalam tas popok ketika Ibu pergi keluar. Suatu saat Ibu pasti membutuhkannya!” Lakshmi T.

Mengatasi Permasalahan
“Lanolin yang dimurnikan membantu mengobati puting saya yang sakit. Lanolin membuat puting tetap lembab tapi dalam cara yang baik untuk Ibu. Lanolin dijual di toko yang menjual perlengkapan di dekat rumah saya.” Zoe C.

“Jika Ibu menggunakan susu formula, jangan menunggu sampai Ibu benar-benar lelah untuk meminta Ayah membantu menyusui. Ajak ia untuk terlibat sejak awal. Hal ini akan membebaskan Ibu ketika lelah, dan si kecil juga akan terbiasa disusui oleh Ayah.” Morgan R.