Banyak pertanyaan seputar ibu menyusui yang timbul setelah tiba saatnya para Ibu mulai menyusui bayi yang baru lahir. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling umum ditanyakan ibu.

Q: Saya tahu memberikan ASI itu baik untuk si kecil. Tapi apakah menyusui juga baik untuk saya?

A: ASI memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan si kecil. ASI bisa melindunginya dari berbagai penyakit, dan mudah dicerna. ASI juga nyaman dan ekonomis, memungkinkan Ibu memberi makan si kecil kapan saja dan di mana saja. Ibu mungkin butuh membeli botol susu jika Ibu berencana menyimpan ASI dan menyusui si kecil melalui botol. Menyusui juga membantu rahim kembali ke ukuran normal lebih cepat. Beberapa penelitian juga menyatakan wanita yang menyusui memiliki risiko kanker dan patah tulang pinggul yang lebih rendah

Q: Ukuran payudara saya kecil. Apakah saya akan bisa memproduksi cukup ASI?

A: Berapa pun ukuran payudara Ibu, Ibu akan bisa memproduksi ASI yang cukup untuk si kecil. Semakin banyak rangsangan pada payudara oleh isapan si kecil, semakin banyak pula ASI yang diproduksi. Karena itu, bahkan ketika si kecil sedang mengalami tumbuh pesat dan membutuhkan lebih banyak ASI, tubuh Ibu tidak akan “ketinggalan”. Ingatlah bahwa ibu dengan anak kembar dua, atau bahkan tiga, tetap bisa memproduksi cukup ASI.

Q: Si kecil ingin menyusu terus-menerus. Kapan dia bisa menyusu hanya setiap 4 jam (the four-hour schedule)?

A: Karena kecilnya ukuran perut si kecil yang baru lahir, banyak ahli  menyarankan Ibu untuk menyusui setiap si kecil menunjukkan tanda lapar. Si kecil yang baru lahir umumnya butuh menyusu setiap 2-3 jam, atau 8-12 kali per 24 jam. Jika si kecil tidur lebih dari 3 jam antar waktu menyusui, konsultasikan pada dokter apakah sebaiknya dia dibangunkan untuk menyusu. Si kecil membutuhkan asupan nutrisi, dan payudara Ibu membutuhkan stimulasi untuk dapat terus memproduksi susu. Selain itu, the four-hour schedule baru bisa diterapkan pada si kecil yang usianya sudah lebih besar.

Q: Puting saya terasa sakit karena menyusui. Apakah ada yang salah?

A: Kemungkinan pelekatan si kecil belum benar. Pelekatan (atau latching on) mengacu pada bagaimana si kecil melekatkan mulutnya ke payudara Ibu. Pelekatan yang benar memungkinkan aliran susu yang baik untuk si kecil, dan puting Ibu tidak akan terasa sakit.

Ibu bisa membantu terjadinya pelekatan dengan menyentuhkan puting ke bibir bawah si kecil, dan dia akan menghadap ke arah sentuhan. Kemudian ketika mulutnya membuka lebar, angkat payudara IBu dengan satu tangan dan dekatkan si kecil ke badan Ibu. Mulutnya harus melekat mantap dengan payudara Ibu, bukan hanya pada puting. Cobalah mengganti posisi menyusui, atau mulailah menyusui dengan payudara yang kurang sensitif. Dengan begitu, isapan terkuat si kecil dilakukan sebelum beralih ke sisi payudara yang lebih sensitif.

Q: Bagaimana cara mengetahui si kecil sudah mendapatkan cukup nutrisi?

A: Perhatikan beberapa hal berikut:

  • Apakah berat badan si kecil sudah naik? Konfimasikan ke dokter.
  • Apakah si kecil membutuhkan ganti popok setidaknya 6 kali dan buang air besar setidaknya sekali dalam 24 jam? Pada bulan pertamanya, apakah si kecil menyusu setidaknya 8-12 kali setiap 24 jam?
  • Apakah payudara Ibu terasa lebih lemas dan kosong setelah menyusui?
  • Apakah bayi melakukan gerakan menelan setelah mengisap beberapa kali selama menyusu?

Q: Bagaimana saya bisa menyusui ketika sudah kembali bekerja?

A: Ibu hanya membutuhkan perencaan jadwal yang baik. Ketika Ibu sudah kembali bekerja, miliki jadwal menyusui yang sesuai untuk Ibu maupun bayi. Berikut adalah yang umum dilakukan ibu:

  • Menyusuilah pada pagi hari, segera setelah bayi bangun.
  • Menyusuilah lagi tepat sebelum Ibu berangkat kerja.
  • Pompa ASI 2-3 kali selama di kantor. Simpan dalam lemari es dan bawa pulang, sambil tetap menjaganya dalam keadaan dingin (gunakan kotak pendingin yang diisi es). Gunakan untuk menyusui bayi esok harinya.
  • Minta orang yang merawat si kecil selalam Ibu bekerja untuk memberikan ASI yang sudah disimpan.
  • Segera menyusuilah ketika Ibu pulang dari kantor.
  • Menyusuilah pada malam hari.

Jika membutuhkan bantuan, Ibu bisa menghubungi Call Center Enfa A+, chat di 087777700253 atau Live Chat untuk berkonsultasi mengenai tips menyusui lainnya. Ibu juga dapat  menghubungi dokter atau bidan. di klinik terdekat dan brgabung di komunitas bantuan menyusui lainnya di sekitar Ibu.