Nutrisi Utama bagi Si Kecil: Dari Kelahiran hingga Bulan Ke-6
Selama minggu-minggu setelah kelahiran, sebagian besar kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi oleh ASI atau susu formula. Bagan ini menunjukkan nutrisi utama yang ia butuhkan untuk mendapatkan awal yang baik bagi perkembangannya. (20, p. 231; 35)

AKG: Angka Kecukupan Gizi (rekomendasi jumlah asupan untuk rata-rata  bayi ).
ABA: Batas Atas (tingkat tertinggi dari asupan harian yang diperkirakan tidak menimbulkan risiko pada bayi; batas ini tidak dianjurkan). (35, p. 12)

ARA (arachidonic acid)
Apa guna ARA? ARA adalah turunan dari asam lemak tak jenuh ganda dan asam lemak omega-6 utama pada otak. ARA berperan penting untuk perkembangan otak dan penglihatan. (35, p. 16)
Berapa banyak yang dibutuhkan si kecil? AKG untuk asam lemak omega-6 (termasuk ARA) adalah 4,4 g/hari. (35, h. 16)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 16-7)

Kalsium
Apa guna kalsium? Kalsium mendukung pertumbuhan gigi dan tulang yang sehat, membantu pembekuan darah, serta fungsi saraf dan otot. (35, h. 23)
Berapa banyak yang dibutuhkan si kecil? AKG kalsium adalah 200 mg / hari. (35, h. 23)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 23)

Karbohidrat (terutama laktosa)
Apa guna karbohidrat? Karbohidrat menyediakan energi untuk bahan bakar aktivitas dan pertumbuhan si kecil, juga membantu protein untuk dimanfaatkan secara efisien untuk  membangun jaringan baru. Glukosa yang berasal dari karbohidrat adalah sumber utama energi bagi otak, dan pasokan yang terus menerus akan membantu mengatur energi, suasana hati, dan fokus, yang semuanya penting untuk proses belajar. (31;. 35, h 14)
Berapa banyak yang dibutuhkan si kecil? AKG karbohidrat adalah 58 g / hari. (35, h. 14)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 14)

Kolin
Apa guna Kolin? Kolin, selain sangat penting untuk perkembangan otak, pada kenyataannya juga berperan penting dalam mendukung fungsi normal seluruh sel tubuh. (36)
Berapa banyak yang dibutuhkan si kecil? AKG kolin adalah 125 mg/hari. (36)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (36)

DHA (docosahexaenoic acid)
Apa guna DHA? DHA adalah salah satu dari dua rantai panjang asam lemak omega-3 utama yang ada di seluruh tubuh (rantai lain adalah EPA, atau asam eicosapentaenoic). Rantai ini sangat penting untuk mendukung fungsi otak dan penglihatan. Selain itu, DHA juga melindungi kesehatan jantung. (27; 35, h. 17)
Berapa banyak yang dibutuhkan si kecil? Belum ada jumlah resmi untuk asupan harian DHA, namun ahli merekomendasikan asupan sebesar 200-300 mg/hari bagi wanita menyusui. (27) Pada usia ini, Food and Nutrition Board of the Institute of Medicine merekomendasikan AKG asam alpha linolenat (sebagai sumber DHA dan EPA) sebesar 0,5 g/hari bayi usia 0-6 bulan.
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI (namun tingkatannya dapat bervariasi tergantung pola makan ibu), susu formula. (27; 35, h. 17)

Folat
Apa guna folat? Folat membantu perkembangan dan pertumbuhan sel-sel darah dan pembentukan materi genetik di setiap sel otak dan seluruh tubuh.
Berapa banyak yang dibutuhkan si kecil? AKG folat sebesar 65 mcg/hari (setara diat folat). (35, p. 21)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 22)
Apa guna yodium? Yodium membantu mengatur pertumbuhan sel dan sintesa hormon tiroid yang mempengaruhi otak, juga otot-otot, jantung, ginjal, dan kelenjar di bawah otak. Kekurangan yodium dapat menyebabkan masalah perkembangan saraf dan merupakan penyebab utama keterbelakangan mental di seluruh dunia. (36; 41)
Berapa banyak yang dibutuhkan si kecil? AKG yodium sebesar 90 mcg/hari. (36; 41)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (36; 41)

Zat Besi
Apa guna zat besi? Zat besi sangat penting untuk pembentukan dan fungsi sel darah merah yang menyalurkan oksigen ke otak dan memacu pertumbuhannya. Kekurangan zat besi pada awal kehidupan si kecil dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan kognitif dan pertumbuhan motorik, serta kelainan perilaku.
Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anemia . (35, h. 23; 40)
Berapa banyak yang dibutuhkan si kecil? Minimum zat besi sebesar 0,45 mg/100kkal. ABA zat besi sebesar 40 mg/hari. (35, h. 23)
Dari mana si kecil mendapatkannya? Si kecil dilahirkan dengan cadangan zat besi untuk empat sampai enam bulan (dua sampai tiga bulan pada si kecil yang lahir prematur dan kelipatannya). ASI dan susu formula adalah sumber zat besi untuk si kecil. The American Academy of Pediatrics merekomendasikan tambahan 1 mg/hari untuk si kecil yang minum ASI pada usia 4 bulan sampai mulai makanan padat (termasuk daging dan sereal yang diperkaya zat besi) diperkenalkan. (58)

Niasin
Apa guna Niasin? Niasin membantu melepaskan energi dari nutrisi lain. (35, h. 23)
Berapa jumlah yang dibutuhkan si kecil? AKG niasin sebesar 2 mg/hari (preformed niacin). (35, h. 23)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 23)

Protein
Apa guna protein? Protein membangun, memelihara, dan memperbaiki jaringan tubuh si kecil. Selain itu, protein menghasilkan hormon, enzim, dan antibodi, membantu mengatur proses tubuh, dan memberi energi. (35, h. 16)
Berapa jumlah yang dibutuhkan si kecil? AKG protein sebesar 12 g/hari. (35, h. 16)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 16)

Riboflavin (vitamin B2)
Apa guna riboflavin? Riboflavin membantu tubuh memanfaatkan energi dari nutrisi lain. (35, h. 22)
Berapa jumlah yang dibutuhkan si kecil? AKG riboflavin sebesar 0,3 mg/hari. (35, h. 22)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 22)

Thiamin (vitamin B1)
Apa guna thiamin? Jika niacin membantu tubuh melepas energi dari karbohidrat, maka thiamin mendukung fungsi sistem saraf. Thiamin juga berperan penting dalam perkembangan otak dan metabolisme. Kekurangan thiamin saat  kecil dapat menyebabkan gangguan kemampuan berbahasa yang serius. (35, h. 22; 38)
Berapa jumlah yang dibutuhkan si kecil? AKG thiamin sebesar 0,3 mg/hari. (35, h. 22)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 22)

Vitamin A
Apa fungsi vitamin A? Vitamin A meningkatkan pertumbuhan secara umum, khususnya kulit, rambut, selaput lendir, sistem kekebalan tubuh dan reproduksi, serta membantu pertumbuhan penglihatan. (35, h. 19)
Berapa jumlah yang dibutuhkan si kecil? AKG vitamin A sebesar 375 mcg/hari (setara aktivitas retinol). BA vitamin A sebesar 600 mcg/hari (preformed vitamin A). (35, h. 19)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 20)

Vitamin B6
Apa guna vitamin B6? Vitamin B6 membantu pembentukan jaringan tubuh, mengolah lemak dan berperan penting untuk perkembangan sistem saraf pusat. Vitamin B ini juga membantu sintesa neurotransmitter, membantu mengatur mood dan aspek-aspek lain dalam fungsi otak lain. (35, h. 22; 39)
Berapa jumlah yang dibutuhkan si kecil? AKG vitamin B6 sebesar 0,1 mg/hari. (35, h. 22; 39)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 22)

Vitamin B12
Apa guna vitamin B12? Vitamin B12 meningkatkan fungsi neurologis dan pembentukan materi genetik dalam sel darah. (35, h. 21)
Berapa jumlah yang dibutuhkan si kecil? AKG vitamin B12 sebesar 0,4 mcg/hari. (35, h. 21)
Dari mana si kecil mendapatkannya? Si kecil dilahirkan dengan cadangan vitamin B12, ASI juga merupakan cadangan vitamin B12 yang baik, juga bisa didapat dari susu formula. (35, h. 21)

Vitamin C
Apa guna vitamin C? Salah satu unsur yang membentuk kolagen, protein yang dibutuhkan untuk membangun tulang, tulang rawan, otot, dan jaringan penghubung, vitamin C membantu memelihara pembuluh darah halus , menyembuhkan luka, menyerap zat besi, dan melawan infeksi. Vitamin C juga beperan penting dalam perkembangan otak. (33; 35, h. 20)
Berapa jumlah yang dibutuhkansi kecil? AM vitamin C sebesar 40 mg/hari. (35, p. 20)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 21)

Vitamin D
Apa guna vitamin D? Mendukung penyerapan kalsium dan fosfor, pembentukan tulang dan mencegah rakhitis. (35, h. 18-19)
Berapa jumlah yang dibutuhkan si kecil? AKG vitamin D sebesar 5 mcg/hari. ARA vitamin D sebesar 25 mcg/hari. (35, p. 18)
Dari mana si kecil mendapatkannya? Sebagian besar melalui penambahan dari luar atau  susu formula. (35, h. 19)

Vitamin E
Apa guna vitamin E? Vitamin E melindungi vitamin A dan asam lemak esensial serta mencegah kerusakan jaringan. (35, h. 20)
Berapa jumlah yang dibutuhkan si kecil? AM vitamin E sebesar 4 mg/hari (alpha-tocopherol). (35, h. 20)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 20)

Vitamin K
Apa guna vitamin K? Vitamin K membantu pembekuan darah. (35, h. 20)
Berapa jumlah yang dibutuhkan si kecil? AKG vitamin K sebesar 5 mcg/hari. (35, h. 20)
Dari mana si kecil mendapatkannya? Susu formula, penambahan (diberikan dari suntikan saat lahir). ASI juga memiliki kandungan vitamin K dalam jumlah yang sangat kecil. (35, h. 20)

Zinc
Apa guna zinc? Zinc menjaga sistem kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka dan mengatur pembentukan darah, tulang, dan jaringan tubuh. Selain besi, zinc adalah logam yang paling banyak dalam otak dan penting untuk perkembangan dan fungsi sistem saraf pusat. (34; 35, h. 25)
Berapa jumlah yang dibutuhkan si kecil? Minimum zinc untuk 0-6 bulan sebesar 0,5 mg/100kkal. ABA zinc sebesar 1,5 mg/100kkal. (35, h. 25)
Dari mana si kecil mendapatkannya? ASI, susu formula. (35, h. 25)

Catatan: Jumlah asupan berdasarkan Infant Nutrition and Feeding (2009), published by the United States Department of Agriculture, Food, and Nutrition Service, Special Supplemental Nutrition Program for Women, Infants, and Children. AI untuk kolin berdasarkan Dietary Reference Intakes for Thiamin, Riboflavin, Niacin, Vitamin B6, Folate, Vitamin B12, Pantothenic Acid, Biotin, and Choline, published by the Food and Nutrition Board, Institute of Medicine/The National Academies Press (1998).