Rutin dan pengulangan itu penting, dan si kecil akan berkembang dari penyesuaian tersebut. Sebisa mungkin, cobalah untuk menjadwalkan hal yang sama untuk si kecil dalam urutan dan waktu yang sama setiap hari, terutama tentang jadwal menyusui dan tidur karena jadwal menyusui yang teratur akan membuat si kecil puas dan bahagia.

 

Suasana hati yang baik membuatnya lebih bahagia saat bermain, mengeksplorasi dan belajar. Mengikuti jadwal menyusui membuat hari-hari Ibu juga menjadi lebih terorganisir,  merendahkan tingkat stress dan tentunya akan bermanfaat bagi si kecil. Lebih dari itu, dengan jadwal yang dapat diprediksi membuatnya mengerti dan nyaman. Dengan begitu Ibu juga telah menanamkan pada si kecil untuk mengenal waktu sejak dini.

 

Penelitian menjelaskan bahwa anak yang memiliki jadwal tidur dan makan yang teratur mempunyai risiko masalah tidur dan kelebihan berat badan yang lebih sedikit pada masa pertumbuhannya. Mereka juga lebih sehat dan memiliki kognisi yang lebih baik.

 

Namun, tidak perlu untuk memaksanya untuk minum ASI setiap saat, atau memaksanya jika ia tidak menginginkannya. Pada usia ini, si kecil akan meminta susu sesuai dengan keinginannya, mengikuti ‘aturan 2-4’, kebanyakan bayi akan meminta susu tiap 2 hingga 4 jam pada usia 2 sampai 4 bulan pertama (beberapa bayi sampai 5 bulan pertama atau lebih). Cara ini bekerja sangat baik karena Ibu bisa mengikuti tanda-tanda yang diberikan si kecil, yang selanjutnya akan menjadi jadwal menyusuinya.