Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 40 minggu?

  • Penglihatan si Kecil masih berkembang di waktu ibu hamil 40 minggu ini. Saat lahir Ia sudah mulai bisa fokus pada objek yang berjarak 20 sampai 30 cm. Penglihatannya terus akan berkembang lebih jauh.

  • Si Kecil mulai mengenali suara Ibu. Mungkin selama masa kehamilan Ibu sudah sering berbicara dengannya, bagi si Kecil suara Ibu menenangkan.

  • Ia senang dan sehat. Kini berat si Kecil bisa mencapat 2,9 hingga 4 kg dan panjangnya mencapai sekitar 50.8 hingga 55.8 cm. Ia juga masih dilindungi verniks, yang akan hilang saat si Kecil dimandikan untuk pertama kalinya.

Bagaimana perkembangan otak si kecil di masa hamil 40 minggu ini?

  • Bagian otak bawah si Kecil akan mengendalikan geraknya, seperti refleks, saat ia lahir ia akan bisa untuk menghisap objek yang berada di dekatnya. Hal ini dikenal juga sebagai refleks untuk mencari.

  • Bantu si Kecil meraih puncak masa belajarnya dengan memberikannya nutrisi DHA yang baik untuk otak.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin dihadapi Ibu saat hamil 40 minggu?

Beberapa bayi mungkin tetap berada di rahim pada saat ibu masih hamil 40 minggu. Namun Ibu tidak perlu khawatir; hanya lima persen bayi yang lahir tepat pada tanggal yang diperkirakan. Berikut ini cara untuk memastikan kehamilan Ibu di minggu ini tetap sehat:

  • Istirahat dan simpan tenaga Ibu untuk melahirkan, menyusui dan mengurus si Kecil.

  • Bicara pada dokter. Melahirkan si Kecil lewat dari minggu ke 42, mungkin menunjukan adanya masalah atau komplikasi dan dokter mungkin akan melakukan proses induksi melahirkan.

  • Lihat perkembangan si Kecil di minggu pertama setelah ia lahir. Setelah melahirkan, si Kecil akan mengalami perkembangan yang sangat cepat pada tiap aspek penting, – intelektual, motorik, emosi dan komunikasi. Dukung tahap perkembangan si Kecil dengan membantunya meraih perkembangan otak yang holistic .

Tips untuk ibu di tahap kehamilan 40 minggu ini.

Setelah si Kecil lahir, penglihatannya masih sedikit tidak jelas dan ia hanya mampu fokus pada objek yang berjarak sekitar 10 inci dari wajahnya. Terus berikan si Kecil asupan nutrisi penting seperti DHA, setiap hari untuk membantunya melihat visual dengan jelas.  

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!