kondisi janin saat ibu hamil 38 minggu

Apa yang terjadi pada ibu saat hamil 38 minggu?

  • Rata-rata, berat si Kecil sudah mencapai 2,95 kg, dan panjangnya antara 45.7 hingga 53.3 cm dari kepala hingga ujung kaki.

  • Kuku kaki si Kecil sudah tumbuh. Kuku kakinya sudah cukup panjang dan sudah bisa dipotong ketika ia lahir.

  • Pada saat ibu hamil 38 minggu, Sistem reproduksi si Kecil sudah terbentuk sempurna. Untuk bayi laki-laki, testisnya sudah menempati posisi skrotum dan untuk bayi perempuan labianya sudah terbentuk sempurna.

Bagaimana perkembangan otak si kecil di masa hamil 38 minggu ini?

  • Otak si Kecil tetap berkembang, kini bobot otaknya sudah mencapai 400 gram.

  • Otaknya akan berkembang hingga 85% hingga seukuran otak orang dewasa pada lima tahun pertama di dalam hidupnya. Berikan si Kecil awal yang terbaik dalam hidupnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya kolin, karena dapat membantunya memiliki kemampuan daya ingat yang bagus di masa depan.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin dihadapi Ibu saat hamil 38 minggu?

Mungkin Ibu akan mengalami diare pada saat hamil 38 minggu dan beberapa minggu terakhir di masa kehamilan. Ini merupakan indikasi normal bahwa saat melahirkan sudah hampir tiba. Ini hal yang dapat Ibu lakukan untuk melanjutkan kehamilan yang sehat:

  • Banyak minum air mineral untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare.

  • Kunjungi dokter. Beberapa ibu hamil biasanya akan pulih dari diare setelah beberapa hari, namun Ibu mungkin membutuhkan resep atau saran dari dokter jika diare belum kunjung sembuh.

Tips untuk ibu di tahap kehamilan 38 minggu ini

Mungkin Ibu akan merasa seperti tersambar petir di bagian pangkal paha Ibu, sensasi rasa sakit yang tajam pada bagian vagina. Rasa sakit ini muncul saat si Kecil bertemu dengan saraf yang sensitif di panggul Ibu. Jangan panik jika hal ini terjadi – pengalaman gejala seperti ini merupakan hal yang wajar terjadi di tahap kehamilan ini. Rebahkan kaki Ibu sebisa mungkin untuk bantu menghilangkan rasa tidak nyaman dan mengurangi tekanan.

Baca Juga : Tips tentang merawat bayi baru lahir untuk para ibu baru

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!