Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 36 minggu?

  • Si Kecil mulai belajar kemampuan menghisap saat otot wajahnya terbentuksaat ibu hamil 36 minggu. Ini akan membantunya untuk makan di kemudian hari. Ibu dapat memberikan si Kecil awal yang sehat dalam hidupnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

  • Sistem pencernaannya mulai terbentuk. Ibu tetap memberikannya nutrisi yang ia butuhkan lewat tali pusat pada tahap kehamilan ini.

  • Berat badan si Kecil mencapai 2,7 kg dan panjangnya sekitar 20 inci atau 50 cm dari kepala hingga ujung kaki.

Bagaimana perkembangan otak si kecil saat ibu hamil 36 minggu?

  • Otak si Kecil sudah terbentuk dengan baik, namun tengkoraknya masih lembut dan memungkinkan perkembangan otak yang lebih jauh. Bantu ia mengoptimalkan perkembangan otaknya dengan mengonsumsi 200 miligram DHA setiap hari di bulan terakhir kehamilan Ibu.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi saat hamil 36 minggu?

Mungkin Ibu menyadari tubuh Ibu mulai mengeluarkan gumpalan lendir. Tubuh Ibu sudah membuka penyumbat lendir, yang terdapat di rahim, agar ketika terbuka si Kecil terlindungi dari bakteri di luar. Berikut ini hal yang bisa Ibu lakukan untuk menstimulasi kehamilan yang sehat:

  • Perhatikan jika terjadi pendarahan. Jika tubuh Ibu mengeluarkan darah berwarna merah terang, maka langsung hubungi dokter karena ini mungkin merupakan tanda terjadi kelahiran prematur.

  • Ceritakan perkembangan ini ke dokter. Lepasnya penyumbat lendir dari tubuh Ibu merupakan tanda tubuh Ibu sudah siap melahirkan si Kecil.

Tips untuk ibu saat hamil memasuki usia 36 minggu

Saat ibu hamil 36 minggu artinya si kecil sudah mempersiapkan kelahirannya ke dunia ini, dan ia sudah memposisikan tubuhnya dengan kepala di bawah menghadap ke tulang panggul. Namun jika kepala si Kecil belum berada di bawah, mungkin ia termasuk memiliki posisi sungsang. Diskusikan dengan dokter opsi berbeda untuk melahirkan si Kecil.

Coba juga resep Kari Ayam Panggang dan Pasta Brokoli karena resep ini dapat membantu menjaga si Kecil dari cacat otak dan tulang belakang, dan membantu menurunkan risiko terjadinya komplikasi saat melahirkan.

Ingin tahu lebih banyak tips mengatasi berbagai tahap kehamilan selain saat ibu hamil usia 36 minggu?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!