Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 35 minggu?

  • Si Kecil berukuran sebesar buah nanas dengan panjang tubuh 20 inci atau 50,8 cm dari kepala hingga ujung kaki. Berat tubuhnya berkisar 2,3 kg. Ibu dapat mendukung pembentukan tubuhnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein pada saat hamil 35 minggu ini.

  • Sekarang posisi kepala si Kecil berada di bawah dengan kepala menghadap tulang panggul dan kepalanya berada di dekat pusar Ibu.

  • Ia sudah mulai siap untuk popok. Usus si Kecil mengandung pembuangan pertamanya yang disebut mekonium, yang akan ia keluarkan setelah lahir.

Bagaimana perkembangan otak si kecil di masa hamil 35 minggu ini?

  • Ketika ibu hamil 35 minggu, Si Kecil kerja semakin keras untuk pembentukan otaknya. Kepalanya kini lebih besar dari tubuhnya, untuk mengakomodir pertumbuhan otaknya.

  • Berikan si Kecil nutrisi DHA, sebuah asam lemak omega yang penting untuk mengoptimalkan perkembangan otaknya.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 35?

Sangat normal merasa khawatir untuk menjadi Ibu, saat tanggal melahirkan semakin dekat. Tips di bawah ini mungkin membantu Ibu jika Ibu mengalami gejala seperti depresi sebelum melahirkan, dan untuk menikmati sisa waktu kehamilan Ibu:

  • Ketahui tandanya. Tanda ini akan berbeda-beda pada tiap ibu hamil, namun tanda kesehatan mental yang umum antara lain, perasaan yang mudah berubah, sedih yang berlebihan, insomnia, kelelahan dan merasa tidak memiliki harapan.

  • Dapatkan pertolongan dari teman dan anggota keluarga untuk membantu Ibu mengurus si Kecil. Selain itu, Ibu sebaiknya juga berkonsultasi dengan dokter atau ahli terapi jika Ibu merasa ada yang tidak normal dengan perasaan Ibu.

  • Cukup tidur. Kekurangan tidur adalah salah satu faktor risiko yang menyebabkan terjadinya depresi.

Tips untuk ibu hamil saat usia kehamilan berusia 35 minggu ini

Kekurangan tidur dapat menyebabkan munculnya gangguan lain, seperti sakit kepala di masa kehamilan dan rendahnya tekanan darah. Pastikan Ibu mendapatkan cukup tidur setiap malam, dan istirahat di saat siang.

Baca Juga : Kondisi janin ibu saat ia hamil usia 36 minggu

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!