Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 34 minggu?

  • Jari mungil si Kecil mulai tumbuh lebih banyak, hingga di tahap ini ujung jari-jarinya hampir sempurna. Dukung pertumbuhan fisik si Kecil dengan protein  71 gram per hari di tahap kehamilan ini.

  • Berat badan si Kecil menginjak 2.26 kg. Panjangnya berkisar 20 inci atau 50,8 cm dari kepala hingga ujung kaki.

  • Kulitnya terproteksi. Rambut tipis atau lanugo yang menutupi tubuhnya selama ini sudah benar-benar hilang sekarang, namun lapisan verniks (substansi yang licin dan lembut yang menjaga kulit) menjadi lebih tebal untuk melindungi si Kecil dari setiap gesekan di dalam rahim.

Bagaimana perkembangan otak si kecil di masa hamil 34 minggu ini?

  • Otak si Kecil terus melakukan pengembangan koneksi yang baru dan semakin kompleks. Karena si Kecil bekerja keras di tahap pengembangan ini, maka ia juga akan menghabiskan banyak waktu untuk tidur.

  • Nutrisi si Kecil dengan asam lemak omega 3, DHA, yang akan membantu perkembangan otaknya.

Apa keluhan ibu saat ia hamil 34 minggu?

Tumit, kaki dan tangan Ibu mungkin akan membengkak di trimester akhir kehamilan ini. Retensi cairan membantu tubuh Ibu melentur, untuk disesuaikan dengan pertumbuhan si Kecil. Lakukan tips di bawah ini untuk menangani bengkak saat ibu hamil 34 minggu jadi lebih nyaman:

  • Konsumsi makanan kaya potasium seperti pisang dan sayuran berdaun hijau gelap. Coba resep Sandwich Pisang Panggang yang dapat mengandung nutrisi penting seperti DHA dan vitamin B6 yang dapat membantu perkembangan otak dan mata si kecil. Vitamin B6 yang terkandung pada resep ini dapat membantu mengurangi mual saat hamil usia 34 minggu ini.

  • Konsultasi dengan dokter Jika terjadi pembengkakan di wajah, tangan dan area mata Ibu secara tiba-tiba. Ini dapat menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius.

  • Istirahatkan kaki Ibu Jangan berdiri dalam jangka waktu yang lama. Coba untuk mengistirahatkan kaki Ibu, kapanpun Ibu bisa. Hal ini dapat membuat relax kaki ibu.

Tips untuk ibu saat ia hamil 34 minggu

Mengubah posisi tubuh Ibu juga dapat membuat si Kecil memperbaiki posisinya yang tidak nyaman. Pijatan lembut pada area perut yang sakit dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman ini.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!