Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 32 minggu?

  • Posisi si kecil mulai berpindah-pindah untuk mempersiapkan kelahirannya! Ibu bisa terus mendukung pertumbuhan si Kecil dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein.

  • Rambut si Kecil mulai tumbuh, dan ini tidak hanya di kepalanya. Bulu mata juga alis si Kecil ikut tumbuh di tahap ini.

  • Berat badan si Kecil menginjak 1,8 kg dan panjangnya sekitar 18 inci atau berkisar 45 cm dari kepala hingga ujung kaki.

Bagaimana perkembangan otak si kecil saat ibu hamil 32 minggu?

  • Perkembangan otak dan kemampuan kognitif si Kecil sedang berada di tahap yang pesat, dan ini membantunya menjadi lebih baik dalam merasakan dunia di sekitarnya. Ia sudah mulai memberikan ekspresi wajah di dalam rahim Ibu saat ia mencium aroma yang kuat.

  • Optimalkan perkembangan otak si Kecil dengan memberikannya asam lemak omega 3 atau DHA selama masa kehamilan.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi saat ia hamil 32 minggu?

Saat si Kecil berpindah-pindah posisi ke atas dan ke bawah di tahap ini, kepalanya mungkin akan menekan saraf siatik Ibu. Ini akan membuat Ibu merasakan sakit yang tajam di punggung bagian bawah dan kaki– kondisi ini disebut sciatica atau nyeri saraf pinggul. Kurangi keluhan karena rasa sakit ini, agar Ibu merasa lebih nyaman saat menjalani masa kehamilan dengan tips ini:

  • Mandi air hangat atau gunakan bantal dengan penghangat di punggung bagian bawah untuk mengurangi rasa sakit.

  • Olahraga. Posisi gerak tubuh pelvic tilts dapat merenggangkan otot, melepaskan tekanan dan mengurangi rasa sakit. Berenang juga merupakan olahraga yang optimal dan dapat membuat Ibu lebih rileks di masa kehamilan. Sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga apapun selama masa kehamilan.

  • Istirahatkan kaki Ibu. Tiduran dan duduk dapat memindahkan dan mengurangi tekanan yang Ibu rasakan pada saraf siatik.

Tips untuk Ibu saat ia sedang hamil 32 minggu

Saat Ibu merebahkan tubuh atau tidur, pertimbangkan untuk menggunakan bantal ortopedik yang dirancang untuk mengurangi tekanan pada punggung dan mengurangi rasa sakit karena sciatica.

Baca Juga : Kondisi janin ibu saat ia hamil usia 33 minggu

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!