Perkembangan janin ibu hamil 9 bulanOtak Si kecil terus berkembang mendekati hari kelahirannya

Si kecil bekerja keras mengembangkan otaknya sebanyak yang dia mampu sebelum bertemu Ibu untuk pertama kalinya. Selama beberapa minggu terakhir dalam usia kehamilan 9 bulan, otak Si kecil terus membuat koneksi yang akan mendukung perkembangan kognitifnya di masa mendatang. Bahkan, berat otaknya akan mencapai tiga kali lipat di 3 tahun pertama kehidupan dibandingkan saat bayi lahir.

Hal ini berarti bahwa dalam trimester akhir ini, kebutuhan Si kecil akan DHA dan ARA, yang merupakan sumber lemak omega-3 dan omega-6 yang penting untuk kesehatan mata dan perkembangan otak akan meningkat.

Ibu dapat membantu Si kecil mencapai tahap perkembangannya dan memberinya awalan terbaik dengan menyediakan nutrisi penting dari makanan yang sehat. Nutrisi seperti DHA dapat ditemukan dalam lemak ikan seperti salmon dan sarden. Kolin merupakan nutrisi penting lain yang mendukung perkembangan otak Si kecil, termasuk kemampuan mengingat. Jadi, simpanlah susu, telur dan kacang untuk stok.

Menu Ibu juga harus seimbang dengan komposisi berbagai makanan dari jenis makanan yang berbeda. Pastikan Ibu memasukkan daging tanpa lemak, biji-bijian, polong-polongan, dan produk kedelai dalam makanan sehari-hari. Menu yang bergizi juga membantu tubuh Ibu pulih setelah melahirkan serta memastikan tubuh Ibu tetap bagus saat menikmati momen pertama dengan Si kecil.

Apa lagi yang Si kecil lakukan pada saat-saat terakhir menjelang kelahiran?
Selain otak, ada perubahan lain yang terjadi pada tubuh Si kecil. Sebagai contoh, Ibu mungkin merasa bahwa Si kecil berpindah ke dalam panggul – itulah saat Si kecil mempersiapkan tubuhnya untuk melihat dunia saat dia bergeser ke posisi janin.

Ketika Si kecil bergerak ke bawah dalam posisi janin dengan kepala di bawah serta lengan dan kaki ditarik ke dada, itulah persiapannya untuk momen kelahiran! Pada tahap kehamilan 9 bulan ini, tulang-tulang di kepalanya lembut dan fleksibel. Hal ini untuk memudahkannya bergerak melalui jalan lahir Ibu, jika Ibu melahirkan secara alami.

Kini Si kecil tidak begitu kecil lagi! Pada tahap akhir kehamilan ini, Si kecil seharusnya memiliki berat sekitar 3,1 kg, dan sebagian besar berat tersebut terbentuk pada beberapa minggu terakhir di dalam rahim. Ibu akan segera dapat menggendongnya di tangan Ibu – Si kecil yang panjangnya 46-53 cm.

Tahukah Ibu?
Seorang bayi yang siap lahir memiliki 70 refleks yang tidak membutuhkan pembelajaran; namun datang dari keterampilan bertahan hidup secara alami - salah satunya adalah kemampuan untuk menangis.

Baca Juga : Bagaimana cara merawat bayi jika ia baru lahir

Tahap perkembangan Si kecil di masa mendatang

Selagi trimester ke-3 berakhir, Ibu mungkin akan merasa senang dan cemas, terutama jika Ibu belum menentukan tanggal kelahiran dan membuat perjanjian dengan rumah sakit. Namun jangan khawatir! Tidak semua bayi terlahir di minggu ke-38 sampai ke-42. Namun jika Si kecil lahir pada dalam minggu tersebut, maka ia dianggap cukup umur. Seorang bayi lahir sebelum 37 minggu disebut prematur dan bayi yang lahir setelah 42 minggu dianggap post-term. Tanggal lahir Si kecil mungkin merupakan kejutan, namun pastikan Ibu telah membuat persiapan sebelumnya, seperti tas yang telah disiapkan untuk dibawa ke rumah sakit.

Kelahiran Si kecil adalah tahap perkembangan pertama sebelum bertumbuh, yang akan dipandu oleh Ibu. Pilihan nutrisi Ibu akan terus mempengaruhi perkembangannya dalam beberapa bulan ke depan dan Ibu sebaiknya melanjutkan beberapa kebiasaan saat hamil, seperti makan sehat dan konsumsi asam folat. World Health Organization (WHO) menyarankan Ibu untuk terus mengonsumsi suplemen asam folat hingga tiga bulan setelah melahirkan. Si kecil akan membutuhkan Ibu untuk membantunya mencapai tahap perkembangan yang akan datang.

Ada banyak hal yang perlu disiapkan. Ibu telah melakukannya dengan baik, dan bahkan hingga bulan lalu, Ibu telah menyalurkan antibodi dalam darah kepada si kecil untuk melindunginya dari penyakit setelah dia lahir. Lihat kembali bagaimana Ibu memastikan Si kecil terlindungi dan melihat seberapa jauh perkembangan Ibu dan Si kecil sejak Tahap kehamilan: Bulan 8.

  Ibu akan merasa benar-benar bangga!

Ketika saat kelahiran tiba, bersamaan dengan kontraksi persalinan yang mungkin menyakitkan, ingatlah untuk berlatih pernafasan perlahan dan cobalah sebisa mungkin untuk rileks. Sebelum Ibu menyadarinya, Ibu akhirnya akan bertemu dengan Si kecil!

Ingin mengetahui lebih jauh tentang bagaimana Si kecil berkembang selama kehamilan - plus, konsultasi gizi, online support dan banyak lagi? Yuk daftar di Enfa Club untuk mendapat artikel baru, tips praktis dan bonus cantik yang dapat membantu Ibu dan Si kecil!

Kehamilan adalah momen perubahan besar dan awalan baru. Mari  download aplikasi A + Mama App yang dapat membantu Ibu mengoptimalkan masa kehamilan ini.

Aplikasi ini dapat mendokumentasikan masa kehamilan, memberi tips dan saran terbaik selama tahap perkembangan gestasi dan kehamilan yang sehat,sekaligus bantu Ibu mendukung perkembangan otak Si kecil.