Apa perlindungan terhadap penyakit yang Si kecil miliki?

Saat usia kehamilan 31 minggu, tubuh Ibu dan Si kecil sedang bersiap untuk kelahiran adalah waktu yang penting. Selama minggu-minggu terakhir ini, Ibu akan menyalurkan antibodi dalam darah ke tubuh Si kecil.

Hadiah kecil dari Ibu ini melindunginya dari penyakit dan infeksi yang kemungkinan dia hadapi setelah lahir. Kekebalan tubuh ini berlangsung selama beberapa bulan hingga Si kecil memiliki kekebalan sendiri terhadap penyakit. Ibu dapat lebih melindungi Si kecil lebih jauh dengan memberinya lebih banyak antibodi lewat menyusui.

Ibu juga dapat melakukan hal lain untuk membantu Si kecil memulai hidup sehat. Untuk itu, sangatlah penting bagi Ibu untuk memiliki asupan gizi yang cukup sehingga dapat memberikan Si kecil nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan penyakit di masa mendatang.

Bagaimana Ibu menjamin kesehatan Si kecil di masa mendatang?
Nutrisi tertentu berperan penting untuk membantu Si kecil memulai hidupnya saat dia telah lahir, dan Ibu dapat membantunya dengan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut. Asam folat merupakan vitamin yang penting untuk produksi dan perbaikan DNA, serta berperan besar dalam mencegah cacat lahir. Ibu bahkan dapat mengonsumsi asam folat sebelum pembuahan untuk meningkatkan peluang kehamilan yang sehat!

Ibu sebaiknya mengonsumsi makanan kaya asam folat, seperti biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan dan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan asparagus. Multivitamin yang mengandung asam folat yang dapat meningkatkan pertahanan Ibu dan Si kecil terhadap penyakit. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis multivitamin yang cocok untuk Ibu.

Nutrisi penting lain yang dapat Ibu berikan untuk Si kecil adalah kalsium yang membantu pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat. Kalsium dapat diperoleh dari produk kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, dan produk susu seperti susu, keju dan yogurt. Sayuran seperti brokoli, kale dan bayam juga mengandung kalsium dan dapat dijadikan variasi menu Ibu.

Tahukah Ibu?
Dengan mengonsumsi nutrisi penting, Ibu telah melindungi Si kecil dari penyakit, tak hanya itu Si kecil juga mendapat cadangan lemak yang dia simpan terutama pada tangan dan kaki. Lemak ini akan membantunya mengatur suhu tubuh setelah lahir.

Ibu sehat, bayi sehat
Tubuh Ibu mungkin mengalami sedikit ketidaknyamanan menjelang akhir trimester ke-3, namun bukan berarti kesehatan Ibu dan Si kecil terganggu. Tubuh Ibu tahu bahwa kelahiran akan segera datang dan Ibu mungkin merasakan beberapa kontraksi ringan, yang sering terasa saat usia kehamilan 8 bulan. Kontraksi ini dikenal sebagai kontraksi Braxton Hicks, dan tidak seperti kontraksi saat kelahiran yang intens atau teratur. Untuk meringankan ketidaknyamanan kontraksi ini, cobalah mandi air hangat atau lakukan olahraga ringan.

Pada saat yang sama, aktivitas Si kecil dalam rahim juga menurun. Namun jangan khawatir, Si kecil sedang bertumbuh dan berat badannya meningkat pesat - 200 gr setiap minggu!

Ternyata Si kecil tidak begitu kecil juga, dan kini beratnya bisa mencapai sekitar 2,2 kg. Pada ukuran ini, Si kecil merasa ruang dalam rahim terlalu sempit untuk bergerak.

Melihat sempitnya ruang di dalam rahim, Si kecil mungkin menyadari bahwa hari kelahirannya akan segera datang! Itulah mengapa dia bekerja keras mengembangkan keterampilan yang dia butuhkan untuk hidup melalui perkembangan otaknya. Pada tahap Kehamilan bulan 8 ini, perkembangan otak Si kecil meningkat pesat. Otaknya membangun miliaran koneksi kompleks yang dia butuhkan setelah lahir sehingga dia dapat bernafas, menyusui dan menelan. Ibu dapat mendukung perkembangan pesat otak Si kecil dengan konsumsi DHA, asam lemak omega-3 yang dapat ditemukan dalam makanan seperti salmon dan sarden.

Ibu juga dapat terus membantu perkembangan otak Si kecil dari awal kehamilan sampai sebelum dia lahir. Cari tahu caranya dalam panduan kehamilan dari bulan pertama kehamilan sampai bulan kesembilan. Pada panduan kehamilan tersebut diterangkan bagaimana perkembangan janin setiap minggu dan tips untuk mengatasi keluhan saat ibu hamil.

Ibu dan Si kecil sudah menempuh perjalanan yang cukup jauh, namun rasanya seperti tidak lama ketika indera penciuman Si kecil berkembang, bulan lalu! Si kecil telah tumbuh dengan cepat kan? Yuk klik di Tahap Kehamilan: Bulan 9 untuk melacak seberapa jauh perkembangan Ibu dan Si kecil.

Ibu harus merasa benar-benar bangga dengan kemajuan yang Ibu dan Si kecil capai! Namun untuk ke depannya, Ibu perlu melanjutkan beberapa kebiasaan saat hamil seperti makan sehat dan konsumsi asam folat. World Health Organization (WHO)menyarankan Ibu untuk terus mengonsumsi suplemen asam folat hingga tiga bulan setelah melahirkan.

Ingin mengetahui lebih jauh tentang bagaimana Si kecil berkembang selama kehamilan - plus, konsultasi gizi, online support dan banyak lagi? Yuk daftar di Enfa Club untuk mendapat artikel baru, tips praktis dan bonus cantik yang dapat membantu Ibu dan Si kecil!

Kehamilan adalah momen perubahan besar dan awalan baru. Mari  download aplikasi A + Mama App yang dapat membantu Ibu mengoptimalkan masa kehamilan ini.

Aplikasi ini dapat mendokumentasikan masa kehamilan, memberi tips dan saran terbaik selama tahap perkembangan gestasi dan kehamilan yang sehat, sekaligus bantu Ibu mendukung perkembangan otak Si kecil.