Si kecil bereaksi terhadap bau dari luar kandungan
Banyak sekali perkembangan yang terjadi saat usia kehamilan 27 – 30 minggu.
Pada tahap kehamilan 7 bulan, saraf penciuman Si kecil telah berkembang. Kini ia mampu mencium aroma dan bau-bauan. Di trimester ini, Si kecil akan bereaksi terhadap bau dengan meringis atau menggerakkan kepalanya. Reaksi terhadap bebauan ini adalah pertanda  bahwa setelah ia lahir nanti ia akan mengenali dan merasa nyaman dengan bau Ibu yang sudah dikenalnya.

Makanan untuk pertumbuhan Si kecil
Bersamaan dengan perkembangan inderanya, ukuran Si kecil turut bertambah pula. Ia akan bertumbuh tiga kali lebih besar dari bulan sebelumnya dengan berat tubuhnya kini bisa mencapai mulai dari 2.2 kilogram dan panjang 30-45 sentimeter.

Si kecil pun mulai memiliki lemak bayi di tubuhnya, yang akan membuat Ibu semakin gemas melihatnya saat ia lahir nanti! Ia dilapisi oleh vernix caseosa, semacam cairan seperti lilin yang melindungi tubuhnya dan lemak yang berfungsi untuk mengatur suhu tubuh saat lahir nanti. Lemak ini akan berfungsi sebagai menyimpan energi setelah lahir.

Semua pertumbuhan Si kecil ini membuat berat tubuh Ibu bertambah antara 4.5 – 8 kilogram di trimester ini, dengan rata-rata pertambahan berat sebesar 0.45 kilogram setiap minggunya.

Bertambah besarnya ukuran tubuh Si kecil mungkin akan membuat Ibu merasa kurang nyaman untuk terus melakukan rutinitas makan tiga kali sehari, Ibu bisa menyiasatinya dengan makan ringan atau camilan sebanyak 5-6 kali sehari.
Pastikan adanya nutrisi penting seperti kalsium dan protein dalam menu diet sehat Ibu, yang bisa ditemukan dalam daging tanpa lemak, kedelai, kacang polong, kacang merah, ikan dan brokoli.

Tahukah Ibu?
Indera pendengaran janin berkembang penuh saat usia kehamilan  7 bulan. Indera kemampuan yang lain pun juga berkembang, hingga ia dapat bereaksi terhadap suara, perubahan cahaya, dan rasa sakit.

Membayangkan hari kelahiran si kecil
Dua bulan lagi Ibu akhirnya akan bener-benar bertatap muka dengan Si kecil untuk pertama kalinya, dan dia pun mengetahuinya! Saat ini ia sedang sibuk bertumbuh semaksimal mungkin di dalam tubuh Ibu, dan ini juga berarti mengembangkan otaknya.

Secara fisik, ukuran kepala Si kecil telah bertambah, begitu pula dengan perkembangan kemampuan yang terjadi di dalamnya. Saat usia kehamilan 27 – 30 minggu, Si kecil  akan banyak mengembangkan kemampuan otaknya. Pastikan Ibu mengonsumsi banyak DHA dengan lemak omega-3 yang mendukung perkembangan otaknya. Konsumsi buah kenari atau tambahkan biji-bijian di yogurt adalah cara mudah untuk mengonsumsi DHA.

Tahukah Ibu bahwa di trimester ke-3, otak Si kecil mulai memiliki percepatan gerakan mata saat tidur atau Rapid Eye Movement (REM), yang berarti Si kecil dapat bermimpi?

Ibu bisa mulai menebak karakter Si kecil berdasarkan kebiasaannya saat berada di dalam kandungan, misalnya, apakah ia anak yang aktif atau tenang.
Saat Ibu membayangkan rupa Si kecil dan sifatnya saat lahir nanti, tubuh Ibu bekerja memberikan antibodi dalam darah untuk Si kecil. Cari tahu kebaikan antibodi untuk janin dan berbagai tips dari Enfa tentang keluhan kehamilan dan cara mengatasinya melalui tahapan kehamilan dari bulan pertama sampai dengan bulan terkakhir masa kehamilan.

Si kecil tak sabar untuk bertemu Ibu! Saat Ibu merasakan tendangan darinya sejak bulan sebelumnya, bisa jadi ini adalah cara Si kecil menunjukkan keberadaannya. Baca lebih lanjut di Tahap Kehamilan: Bulan 6.

untuk mempelajari momen perkembangan ini dan mengetahui berapa besar kemajuan Si kecil.

Si kecil untuk menyatakan kehadirannya bersama Ibu. Baca informasi lainnya mengenai tahapan kehamilan 6 bulan dan rasakan perkembangan yang telah dilalui Si kecil sejauh ini.

Nutrisi yang tepat di bulan sebelumnya akan membantu perkembangan Si kecil, meski Ibu mungkin menemukan kesulitan untuk makan besar di trimester terakhir karena tubuhnya yang membesar. Pelajari bagaimana cara memberikan nutrisi lewat makanan yang lebih ringan untuk Ibu dan janin.

Ingin mengetahui lebih jauh tentang bagaimana Si kecil berkembang selama kehamilan - plus, konsultasi gizi, online support dan banyak lagi? Yuk daftar di Enfa Club untuk mendapat artikel baru, tips praktis dan bonus cantik yang dapat membantu Ibu dan Si kecil!