kondisi janin saat ibu hamil 33 minggu

Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 33 minggu?

  • Si Kecil mulai menggunakan antibodi Ibu untuk membentuk sistem kekebalan tubuhnya. Lengkapi makanan Ibu dengan asam folat untuk mencegah si Kecil mengalami gangguan perkembangan otak dan tulang belakang.

  • Berat badan si Kecil menginjak 2 kg,  dan panjangnya sekitar 19 inci atau 48 cm dari kepala hingga ujung kaki.

  • Perkembangan si Kecil mulai memenuhi ruang di rahim Ibu, hasilnya jumlah cairan amnion akan berkurang. Ini artinya Ibu akan merasakan tendangan si Kecil lebih sering.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil saat ibu hamil 33 minggu?

  • Perkembangan otak si Kecil sangat pesat, hingga lingkar kepalanya akan meningkat seperempat inci atau 1,3 cm untuk mengakomodir otaknya.

  • Jadikan DHA sebagai nutrisi utama si Kecil di masa kehamilan dan setelah masa kehamilan untuk mendukung perkembangan otaknya.

Keluhan apa yang mungkin Ibu hadapi di waktu hamil 33 minggu ini?

Ibu mungkin akan merasa kepanasan atau lebih cepat merasa panas dibandingkan biasanya, karena adanya kenaikan aliran darah dan peningkatan metabolisme di dalam tubuh Ibu di tahap kehamilan ini. Dengan langkah di bawah ini Ibu dapat merasa lebih sejuk dan nyaman di masa kehamilan:

  • Banyak minum air mineral untuk mengembalikan suhu tubuh Ibu.

  • Tahu kapan harus berhenti berolahraga. Selama menjaga kebugaran tubuh untuk kehamilan yang sehat, hentikan aktivitas fisik yang Ibu lakukan jika tubuh Ibu terasa kepanasan dan Ibu mulai merasa pusing. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum melakukan olahraga apapun di masa kehamilan.

Tips untuk ibu saat hamil 33 minggu

Sangat direkomendasikan untuk Ibu mengonsumsi protein setiap habis berolahraga untuk membantu otot Ibu kembali pulih. Protein juga membantu tubuh si Kecil untuk tumbuh. Ibu dan si Kecil membutuhkan sekitar 71 gram protein setiap hari di tahap kehamilan ini.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!