kondisi janin saat ibu hamil 29 minggu

Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 29 minggu?

  • Gigi si Kecil mulai bertunas pada saat ibu hamil 29 minggu. Gigi si Kecil mulai terbentuk beberapa minggu lalu dan kini mulai mengeras dengan dentin dan enamel. Tulang di tubuhnya juga telah terbentuk sempurna. Terus dukung kesehatan tulangnya dengan konsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalsium.

  • Si Kecil menunjukan kemampuan motorik yang ia pelajari. Ia menendang lebih banyak dari biasanya, dan Ibu mungkin akan merasakan 10 gerakan si Kecil dalam jangka waktu 2 jam.

  • Berat badan si Kecil mencapai 1,13 kg. Panjangnya berkisar 43 cm dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 29 minggu?

  • Pada saat ibu hamil 29 Minggu ini, bagian dari otak si Kecil yang bertugas untuk mengembangkan kepribadian dan kecerdasannya akan berkembang. Intensitas dari gerakan si Kecil juga akan memberikan Ibu tanda, apakah ia akan menjadi anak yang sangat aktif atau lebih diam.

  • Berikan dukungan perkembangan otak dan kemampuan motorik si Kecil dengan mengonsumsi setidaknya 200 mg DHA setiap hari.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 29 ini?

Perubahan hormon di masa kehamilan 29 minggu ini mungkin akan membuat perasaan ibu cepat berubah-ubah, namun Ibu bisa mengurangi kekhawatiran di masa hamil dengan langkah di bawah ini:

  • Mengikuti kelas prenatal. Ketahui lebih banyak tentang kehamilan trimester ketiga dan apa yang harus dilakukan saat persalinan akan membuat kekhawatiran Ibu berkurang.

  • Mengenal para ibu hamil. Kelas prenatal menawarkan kesempatan ini. Berbagi perasaan dan mendengar pengalaman dari ibu-ibu lainnya dapat mengurangi rasa khawatir Ibu.

Tips untuk Ibu di saat hamil 29 minggu

Menulis jurnal dapat membuat perasaan Ibu dan si Kecil senang. Penelitian menunjukan bahwa mengekspresikan diri lewat tulisan adalah cara yang baik untuk membuat Ibu tetap tenang. Ibu bisa memiliki jurnal terpisah, untuk menuliskan perasaan khawatir Ibu dengan perasaan gembira dan tidak sabar untuk bertemu si Kecil yang nantinya dapat Ibu ceritakan saat si Kecil sudah cukup besar.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!