Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 27 minggu?

  • Di saat ibu hamil 27 minggu Kemampuan indera pendengaran bayi menigkat. Ini artinya ia mampu untuk  membedakan suara yang baru dan suara yang ia dengar setiap hari.

  • Panjang si Kecil mencapai 38 cm dari kepala hingga kaki dan beratnya sekitar 900 gram.

  • Indera perasa si Kecil menjadi semakin sensitif. Perkenalkan si Kecil dengan variasi rasa dan nutrisi untuk memberikannya awal yang sehat di dalam hidupnya.

Bagaimana perkembangan otak si kecil di masa hamil 27 minggu ini?

  • Otaknya mulai mengembangkan kemampuan mengingat, dan ia akan mampu mengenali juga mengingat suara Ibu jika Ibu bicara secara rutin.

  • Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi DHA selama masa hamil untuk mendukung kemampuan belajar si Kecil.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ini?          

Buang gas lebih sering mungkin akan dialami oleh banyak ibu hamil. Di saat hamil 27 minggu peningkatan level hormon, progesteron, pencernaan yang lambat akan membuat gas meningkat. Jadikan trimester ketiga Ibu lebih nyaman dan kendalikan gas di dalam perut dengan tips di bawah ini:

  • Pantau makanan Ibu Beberapa makanan dapat menyebabkan perut kembung. Hindari makanan yang digoreng, berlemak dan pedas karena dapat meningkatkan produksi gas.

  • Makan dengan lambat agar Ibu tidak menelan udara berlebih yang dapat menyebabkan perut kembung.

  • Olahraga. Dengan berjalan setelah makan saja, ini dapat menstimulasi pencernaan dan mengurangi frekuensi buang gas. Konsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga apapun di masa kehamilan.

Tips untuk ibu di tahap kehamilan 27 minggu ini

Untuk mendapatkan info lebih banyak mengenai keluhan pada masa ibu hamil 27 minggu, Ibu dapat bergabung dengan kelas prenatal. Ini merupakan saat yang tepat untuk melakukannya, karena kelas prenatal menawarkan banyak panduan dan info persalinan juga tips untuk mempersiapkan hari besar Ibu.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!