Tips dan Pola Nutrisi untuk Trimester Kedua Kehamilan

Saat ini, Ibu mungkin sudah mulai terbiasa dengan kehamilan, bayi dalam perut Ibu pun sudah pasti bertambah besar. Karena itu, sekarang adalah waktu yang baik untuk memastikan bayi Ibu mendapat nutrisi yang cukup untuk pertumbuhannya.

Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan asupan nutrisi sehat selama kehamilan:

Rencanakan menu harian

Pada trimester kedua, berat Ibu akan naik ±0,5 kg per minggu, karena itu berikan tambahan 300-350 kalori dalam makanan harian. Coba rencanakan menu sehari sebelumnya, sehingga Ibu bisa memastikan akan mendapatkan segala nutrisi yang dibutuhkan.

Konsumsi Vitamin C & Zat Besi

Vitamin C membantu pembentukan kolagen untuk perkembangan jaringan Ibu, sementara zat besi merupakan kangdungan penting dari hemoglobin, yang membawa oksigen dalam sel darah merah. Suplemen zat besi paling baik diserap bersamaan dengan makanan kaya vitamin C, seperti air perasan jeruk.

Perbanyak minum air

Air membantu tubuh mengantarkan nutrisi ke dalam sel serta membuang racun. Air juga membantu melawan dehidrasi dan rasa lelah yang datang bersamanya. Pada umumnya kita membutuhkan 9 gelas air minum per hari. Tapi saat hamil, dibutuhkan 10 gelas per hari.

Berolahragalah, dengan aman tentunya.

Dengan persetujuan dokter, berolahragalah selama kehamilan. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan dan mencegah kenaikan berat badan yang terlalu banyak. Saat ini, kemungkinan Ibu sudah mulai terbiasa dengan kehamilan dan dapat bergerak dengan mudah. Tanyakan pada dokter olahraga apa yang paling aman untuk Ibu.

Jika membutuhkan bantuan, Ibu bisa menghubungi Call Center Enfa A+, chat di 087777700253 atau Live Chat untuk berkonsultasi mengenai berbagai tips asupan nutrisi dan pola makan untuk trimester kedua kehamilan. Ayo ketahui lebih lanjut bagaimana cara Enfa mengatasi keluhan hamil saat usia kandungan ibu memasuki trimester kedua.