Suara apa yang bisa didengar Si kecil?

Beberapa tahap perkembangan Si kecil yang sangat menarik terjadi saat usia kehamilan 19 minggu hingga 22 minggu. Si kecil mulai bereaksi terhadap suara dari dunia luar, seiring telinga bagian dalam atau kokleanya, mulai berfungsi, dan kini dia dapat mendengar suara Ibu untuk pertama kalinya.

Ibu mungkin tidak memikirkan hal ini, namun dengan getaran dari suara, detak jantung, darah yang mengalir di sekitar dan perut keroncongan Ibu, dunia sekitar terasa berisik bagi Si kecil. Jika Si kecil mendengar sebuah suara yang tak terduga di luar Ibu, dia mungkin akan bereaksi dengan berkedip dan terdiam sejenak, sementara jantungnya juga berdetak lebih lambat.

Gunakan suara untuk menjalin ikatan dengan Si kecil

Kita tidak tahu apakah Si kecil dapat mengingat suara yang mereka dengar dalam tubuh Ibu, namun beberapa orang tua percaya jika bernyanyi atau bermain musik klasik saat hamil akan membantu menenangkan Si kecil setelah dia lahir. Jadi jangan ragu untuk mendengarkan musik yang lembut untuk didengarkan bersama-sama Si kecil.

Selagi Ibu menenangkan Si kecil, luangkan waktu untuk bersantai sendiri – meskipun hanya beberapa saat dalam sehari. Tubuh Ibu membutuhkan lebih banyak istirahat selama kehamilan sehingga duduklah di suatu tempat yang nyaman, ambil nafas dalam dan pelan sambil mendengarkan musik yang menenangkan. Kemudian, bersantailah – Ibu sedang melakukan suatu hal yang baik untuk diri sendiri, dan juga untuk Si kecil!

Nutrisi yang baik adalah kunci bagi perkembangan sensorik yang sehat. Ibu dapat mendukung pertumbuhan otak dan tubuh Si kecil dengan memberikan seluruh nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangannya. Konsumsi makanan kaya DHA, seperti salmon atau sarden setidaknya empat porsi dalam seminggu. Jika Ibu tidak makan ikan, Ibu bisa mendapatkan asupan lemak omega-3 dari makanan seperti kacang kenari, sayuran hijau, labu, minyak canola, brokoli, kembang kol dan pepaya.

Pada tahap pertumbuhan kehamilan 5 bulan yang pesat ini, sangat disarankan untuk ibu mengonsumsi multivitamin prenatal agar mendapat nutrisi penting seperti vitamin D dan nutrisi asam folat dalam jumlah cukup. Vitamin prenatal mudah didapatkan di apotek, namun sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kandungan untuk merek tertentu yang cocok untuk Ibu.

Tahukah Ibu? Kini Si kecil dapat mendengar suara Ibu dan suara-suara lainnya di dunia luar. Bahkan, tingkat suara di dalam rahim dapat mencapai 70 desibel - sama dengan suara penyedot debu! Sungguh berisik lingkungan tempatnya berkembang!

Si kecil juga meningkatkan keterampilannya

Mendengar bukanlah satu-satunya hal yang berkembang selama usia kehamilan bulan ke-5. Si kecil bahkan sudah mulai berlatih pernafasan, yang Ibu mungkin kenali saat dia cegukan dari waktu ke waktu. Ibu mulai merasakan gerakan Si kecil seperti ""bergetar"" atau ""berputar cepat” di dalam rahim. Si kecil berlatih teknik pernafasan (dan Ibu bisa merasakan cegukan kecilnya) untuk persiapan saat dia lahir dan harus bernafas untuk pertama kalinya. Dia juga belajar menghisap ibu jari dan keterampilan bergeraknya menjadi lebih halus dan lebih terkoordinasi.

Saat ini Si kecil seharusnya telah berkembang pesat dan panjangnya antara 25 sampai 30 cm dengan berat lebih setengah kilogram. Dia suka memamerkan pencapaiannya dan akan terus bergerak dalam minggu-minggu bulan keenam berikutnya. Untuk mengetahui bagaimana Si kecil mengungkapkan kehadirannya lewat gerakan, baca dalam Tahap kehamilan: Bulan 6.

Tahukah Ibu perkembangan visual Si kecil sudah dimulai bulan sebelumnya? Ibu dapat melihat seberapa jauh perkembangan Ibu dan si kecil dalam tahap kehamilan 4 bulan.

Selain beberapa jenis ikan, sayuran juga sumber DHA yang sangat baik. Sayuran juga mudah dimasak, yang adalah kabar baik untuk ibu yang sibuk! Lihat resep yang menyajikan asupan DHA yang berlimpah dalam sayuran yang lezat dan bergizi.

Ingin mengetahui lebih jauh tentang perkembangan si kecil selama kehamilan - plus, konsultasi gizi, online support dan banyak lagi? Yuk daftar di Enfa Club untuk mendapat artikel baru, tips praktis dan bonus cantik yang dapat membantu Ibu dan Si kecil!