Masa kehamilan bulan 4 adalah masa perkembangan kognitif dan visual Si kecil

Bulan ini adalah bulan yang penting bagi Si kecil karena dia akan mengembangkan otak dan indera penglihatan. Antara minggu ke-15 sampai ke-18 kehamilan, korteks visual Si kecil terbentuk, meskipun pada tahap ini penglihatannya sedikit kabur. Penglihatannya tidak akan benar-benar menjadi jelas dan tajam hingga setelah dia lahir. Pada saat yang sama, fisura lateral, suatu alur dalam korteks serebral otak, berkembang. Alur inilah yang akan bertanggung jawab terhadap memori, kemampuan bahasa dan bahkan kesadaran.

Pada saat usia kehamilan 16 minggu, otak Si kecil mengembangkan sekitar 100 juta neuron untuk mendukung indera penglihatannya. Bahkan pada tahapan awal ini, retina Si kecil dapat menjadi sensitif terhadap cahaya terang

Bagaimana cara Ibu menjaga indera penglihatan Si kecil?

Karena Si kecil menggantungkan seluruh kebutuhan nutrisinya pada Ibu, Ibu dapat membantu menjaga perkembangan otak dan mata Si kecil dengan konsumsi makanan seimbang yang mengandung DHA, asam lemak omega-3.

Para ahli menyarankan bahwa Ibu seharusnya makan sekitar 200 mg DHA setiap hari selama kehamilan, dan bahkan saat menyusui. Sumber DHA yang baik adalah ikan seperti salmon, sarden dan belut. Untuk alternatif pengganti ikan, Ibu bisa mengonsumsi flaxseed, buah kenari, minyak canola dan sayuran hijau yang juga mengandung DHA, meskipun kandungannya jauh lebih rendah daripada ikan. Semua makanan ini berperan dalam perkembangan normal otak dan mata Si kecil.

Ada pula makanan ringan yang baik untuk otak. Cobalah mengkonsumsi camilan segenggam kacang di antara waktu makan atau ketika Ibu sedang sibuk. Kacang-kacangan merupakan sumber protein, magnesium, vitamin E, dan vitamin B dan baik untuk Ibu. Penelitian menunjukkan bahwa makan segenggam kacang untuk camilan dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 45%.

Tahukah Ibu?

Rambut Si kecil mulai tumbuh - dan tidak hanya di kepalanya. Rambut halus ini disebut lanugo, dan bahkan tumbuh di wajah dan tubuhnya. Jangan khawatir, rambut ini akan menghilang tak lama sebelum atau setelah Si kecil lahir nanti.

Apa lagi pencapaian Si kecil bulan ini?

Pada pemeriksaan USG bulan ini, Ibu dapat melihat detak jantung dan dapat membedakan jari-jari tangan dan jari kaki, lengan dan kaki Si kecil. Ibu bahkan dapat mengira-ngira otak dan sumsum tulang belakang, dan kemungkinan – atau jika Ibu belum mengetahuinya – kini Ibu akan dapat melihat jenis kelamin Si kecil.

Ibu mungkin bisa melihat dari hasil USG seberapa cepat Si kecil tumbuh! Pada tahap ini, panjangnya sudah mencapai sekitar 12,7 cm dan beratnya sekitar 100 gram – kira -kira sebesar alpukat. Indera peraba Si kecil juga sudah berkembang dan dia bahkan dapat mengelus dinding rahim saat bergerak mempelajari lingkungan sekitarnya.

Ibu mungkin dapat merasakan beberapa gerakan seperti saat Si kecil memegang tali pusar, mengisap ibu jari dan bahkan menendang – hal ini adalah bagian dari eksplorasi indera perabanya.

Si kecil mulai mengenali suara Ibu saat indera pendengaran berkembang bulan depan. Untuk mengetahui cara terbaik mendukung pengembangan indera pendengarannya, baca Tahap kehamilan: Bulan 5.

Ketinggalan tahap perkembangan Si kecil bulan lalu? Ibu dapat melihat seberapa jauh perkembangan Ibu dan Si kecil dalam Tahap Kehamilan: Bulan 3.

Ingin mengetahui lebih jauh tentang bagaimana Si kecil berkembang selama kehamilan 4 bulan - plus, konsultasi gizi, online support dan banyak lagi? Yuk daftar di Enfa Club untuk mendapat artikel baru, tips praktis dan bonus cantik yang dapat membantu Ibu dan Si kecil!