Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 24 minggu?

  • Si Kecil mempersiapkan diri untuk menghisap nafas pertamanya. Si Kecil mulai mengasup oksigen melalui plasenta, namun paru-parunya sudah berkembang dan mulai siap menerima oksigen ketika ia lahir.

  • Panjang si Kecil kini hampir 21,5 cm. Berat badannya sekitar 590 gram.

  • Ia tampak memikat. Dengan rambut di kepala dan bulu mata yang indah.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 24 minggu?

  • Di masa hamil 24 bulan ini Korteks otak besar di otak si Kecil membentuk koneksi penting yang membantu ia berpikir secara sadar dan membangun memori tahap awal.

  • Dukung perjalanan si Kecil untuk belajar dengan memberikannya makanan yang mengandung nutrisi DHA, setiap hari di masa kehamilan Ibu.

Keluhan apa yang ibu alami saat ia hamil 24 minggu?

Dokter akan memeriksa anemia ataupun kekurangan zat besi di minggu ke 24 hingga 28 masa kehamilan Ibu. Kekurangan zat besi selama kehamilan dapat menyebabkan terjadinya kelahiran prematur atau bayi berat lahir rendah; konsumsi makanan bernutrisi seimbang dan lakukan langkah ini untuk meningkatkan kesehatan Ibu:

  • Konsumsi makanan kaya zat besi, contohnya sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, dan ikan seperti sarden dan tuna.

  • Jadwalkan waktu Ibu untuk minum susu. Kalsium dapat memblok penyerapan zat besi.

  • Konsumsi makanan dan suplemen yang mengandung vitamin C. Vitamin C membantu tubuh Ibu menyerap zat besi dengan lebih baik.

Tips untuk Ibu di saat hamil 24 minggu

Dokter juga akan memeriksa bagaimana tekanan gula darah Ibu untuk mengetahui diabetes di masa kehamilan. Karena tidak ada obat untuk mengatasi diabetes di masa kehamilan, maka sebaiknya Ibu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak, juga berolahraga secara teratur ini merupakan gaya hidup sehat yang dapat menurunkan risiko diabetes. Konsultasikan dengan dokter sebelum Ibu melakukan olahraga apapun di masa kehamilan.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!