kondisi janin saat ibu hamil 20 minggu

Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 20 minggu?

  • Ibu akan tahu apakah si Kecil memiliki kelamin laki-laki atau kelamin perempuan jika Ibu memeriksa dengan ultrasound! Jika ia adalah anak perempuan, maka rahimnya sudah terbentuk. Jika ia anak laki-laki, maka testisnya bergerak menuju skrotum.
  • Panjang si Kecil sekitar 17,7 cm dan beratnya lebih dari 300 gram.
  • Fitur fisik si Kecil terus berkembang. Kulit si Kecil mulai membentuk lapisan tambahan dan lapisan yang lebih tebal. Rambutnya juga tumbuh semakin banyak.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 20 minggu?

  • Bagian otak kecil si Kecil, kini berkembang. Ini mengontrol fungsi yang lebih jauh seperti merasakan dan kemampuan belajar.

  • Bantu si Kecil meraih pencapaian di masa depan dengan menstimulasi perkembangan otaknya baik di saat dan sesudah masa kehamilan dengan asam lemak omega-3, DHA.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 20 ini?

Mungkin Ibu akan mengalami sulit tidur karena perut Ibu yang semakin membesar dan kekhawatiran Ibu mengenai kehamilan semakin meningkat. Tips di bawah ini dapat meningkatkan kualitas tidur Ibu dan meningkatkan kesehatan di masa kehamilan:

  • Bicara dengan seseorang. Sangat wajar jika Ibu merasa sangat bergembira sekaligus khawatir mengenai kesehatan si Kecil. Sebaiknya berbagi apa yang Ibu rasakan dengan tenaga kesehatan profesional.
  • Coba posisi tidur yang berbeda. Berbaring menghadap ke samping dan menumpu perut Ibu dengan bantal. Agar lebih nyaman, letakan bantal lainnya di antara lutut Ibu.

Tips untuk Ibu di saat hamil 20 minggu

Jika Ibu belum memilikinya, mungkin ini adalah saat yang tepat untuk membeli bantal khusus ibu hamil yang dirancang untuk mendukung perubahan tubuh dan perut yang semakin membesar. Bantal khusus ibu hamil dapat membantu Ibu merasa lebih nyaman dan jadi lebih mudah untuk tidur.

Baca  Juga : Bagaimana perkembangan janin saat ibu memasuki kehamilan usia 21 minggu.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!