Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 17 minggu?

  • Ibu dapat merasakan gerakan si Kecil minggu ini. Kepakan gerakan ini disebut sebagai “percepatan”.

  • Panjang si Kecil sekitar 12,7 cm dan beratnya sekitar 150 gram pada saat ibu hamil 17 minggu.
  • Ia bisa melakukan gerak refleks. Ia butuh tahu kemampuan ini seperti menghisap dan mengunyah agar ia dapat mencerna nutrisi terbaik setelah lahir.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 17 minggu?

  • Otak si Kecil telah terbentuk di titik di mana ia sudah bisa mengatur detak jantungnya, dan kini detaknya sekitar 140 hingga 150 kali per menit

  • Dukung pekerjaan kognitif si Kecil dengan mengonsumsi makanan yang meningkatkan kemampuan otak seperti asam lemak omega-3, DHA.

Apa keluhan yang ibu rasakan saat ia hamil usia 17 minggu?

Berat badan si Kecil meningkat dua kali lebih banyak dalam dua minggu ini, dan membuat Ibu juga mengalami kenaikan berat badan saat ia hamil 17 minggu. Mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan, dapat menimbulkan tejadinya komplikasi saat kehamilan maupun persalinan. Ikuti tips di bawah ini untuk menjaga kenaikan berat badan dan membuat kehamilan Ibu tetap sehat:

  • Pantau kenaikan berat badan Ibu. Mungkin Ibu sudah mengalami kenaikan berat sekitar 6 kg pada trimester kedua ini, dan total sekitar 11-16 kg selama masa kehamilan.

  • Konsumsi variasi nutrisi untuk mendukung perkembangan si Kecil. Misalnya, protein  yang ada di daging ayam dapat mengembangkan tubuh si Kecil dan asam lemak seperti salmon, mengandung DHA untuk mendukung perkembangan otak.

Tips untuk Ibu di saat hamil 17 minggu

Kenaikan berat badan juga dapat diatur dengan melakukan olahraga ringan seperti yoga untuk ibu hamil dan berenang. Senam dapat juga dapat menjadi olahraga pilihan bagi anda yang sedang hamil. Tetapi sebelum melakukannya lebih baik konsultasikan dengan dokter  terlebih dahulu saat dalam masa kehamilan.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!