perkembangan janin saat ibu hamil 15 minggu

Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 15 minggu?

  • Sistem kerangka si Kecil dan ototnya berkembang. Pastikan si Kecil memiliki tulang yang kuat dan sehat dengan mengonsumsi makanan kaya kalsium.

  • Panjang si Kecil kini 10 cm dan beratnya sekitar 71 gram.

  • Rambutnya mulai muncul di kepala dan alis. Rambut lembut ini disebut lanugo, akan mulai tumbuh di sekujur tubuh si Kecil untuk melindungi kulitnya.

Bagaimana perkembangan otak si kecil pada saat Ibu hamil 15 minggu?

  • Pada kehamilan 15 minggu ini otak si Kecil terus membantunya mempelajari kemampuan motorik. Si Kecil dapat menggerakan kepala, tangan dan kakinya.

  • Dukung si Kecil mencapai puncak dari tahap pembelajaran ini dengan mengonsumsi makanan untuk otak, yang mengandung DHA, seperti salmon dan sarden.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 15 ini?

Apakah Ibu mulai menjadi pelupa dan mudah terdistraksi belakangan ini? Gejala ini disebut “otak kehamilan” yang mungkin disebabkan karena kombinasi gejolak hormon dan keluhan kehamilan lain seperti lelah dan mual.

Lakukan hal di bawah ini untuk memelihara kejernihan mental Ibu dan supaya Ibu menjadi semakin baik untuk merawat si Kecil:

  • Cukup tidur. Kekurangan tidur dapat mempengaruhi kondisi pikiran Ibu.

  • Memiliki catatan pengingat. Menuliskan daftar hal yang perlu dilakukan oleh Ibu dapat membantu Ibu menjadi lebih terorganisir

  • Makan nutrisi untuk melawan kelelahan. Makanan yang kaya zat besi, seperti bayam, dapat meningkatkan tenaga Ibu.

Baca Juga : Bagaimana kondisi janin ibu saat usia kehamilan memasuki usia 16 minggu

Tips untuk Ibu di saat hamil 15 minggu

Mungkin ini saat yang tepat untuk sepatu yang lebih besar. Di masa hamil 15 minggu, pakaian Ibu akan berubah termasuk baju dan sepatu. Ini karena tubuh Ibu menampung lebih banyak cairan, termasuk di kaki Ibu. Minggu ini, pertimbangkan mencoba sepatu model slip-on dengan satu atau dua ukuran yang lebih besar daripada biasanya. Tidak hanya cocok saat masa ibu hamil 15 minggu, tetapi juga cocok saat ibu hamil trimester ketiga sampai ibu melahirkan. Hal ini cocok untuk mencegah kelelahan pada ibu.