Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 14 minggu?

  • Si Kecil dapat menggerakkan mata dan indera perasanya berkembang. Dukung fase pertumbuhan ini dengan konsumsi makanan yang kaya DHA, untuk meningkatkan kemampuannya untuk melihat.

  • Panjang si Kecil kini hampir 9 cm dan beratnya sekitar 42,5 gram.

  • Kelenjar tiroid si Kecil sudah berkembang sepenuhnya. Ini memiliki peran penting untuk mengatur bagaimana tubuh mengatur energi, seperti membuat jantung tetap berdetak dan perkembangan otak.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 14 minggu?

  • Otak si Kecil kini dapat mengirim impuls ke otot wajah, jadi ia bisa mengekpresikan dirinya, seperti menunjukan wajah sedih atau menyipitkan matanya.

  • Bantu si Kecil pada perkembangan baru ini dengan DHA, yang sangat penting untuk perkembangan kognitif, baik di saat dan sesudah masa kehamilan.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 14 ini?

Perubahan hormon pada saat ibu hamil 14 minggu seringkali dapat meningkatkan risiko pembengkakan gusi dan penyakit gusi. Kesehatan mulut yang buruk dapat meningkatkan risiko terjadinya kelahiran prematur. Tingkatkan kesehatan mulut Ibu dengan langkah di bawah ini:

  • Kunjungi dokter gigi secara rutin, terutama saat Ibu melihat adanya gejala radang gusi, seperti muncul bengkak atau gusi berdarah saat Ibu menggosok gigi.

  • Gosok gigi setiap hari.

  • Konsumsi kalsium pada makanan Ibu, seperti susu dan brokoli, karena kalsium adalah nutrisi penting untuk tulang yang kuat dan gigi yang sehat.

Tips untuk Ibu di saat hamil 14 minggu

Di saat hamil 14 minggu, Pastikan Ibu mengonsumsi makanan yang kaya zat besi. Dikarenakan Zat besi mendukung sistem imun yang sehat, memastikan Ibu berada di kondisi yang prima untuk merawat si Kecil.

Selain memerhatikan asupan gizi, sangat penting untuk ibu mengetahui bagaimana perkembangan si kecil di dalam janin. Ibu dapat mengetahui lebih jauh bagaimana perkembangan janin di usia 15 minggu dan seterusnya dengan membaca panduan kalender kehamilan dari ENFA. Pada kalender tersebut diterangkan apa yang terjadi pada si kecil saat usia janin tertentu dan beberapa tips cara mengatasi keluhan kehamilan.

Baca Juga : Keadaan ibu saat ia hamil usia 15  minggu

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!

Segera cek berapa kenaikan berat badan ideal pada masa kehamilan dan milestone. Baca pula tips untuk optimalkan perkembangan janin dari ahli Enfa A+