Mengapa zat besi di masa kehamilan penting untuk Ibu dan si Kecil?

Zat besi adalah nutrisi penting untuk membuat Ibu bebas dari keluhan sakit di masa kehamilan, karena zat besi mendukung daya tahan tubuh Ibu. Ini juga merupakan komponen penting dari hemoglobin, protein di sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh Ibu. Ini yang membuat konsumsi zat besi sangat penting terutama di trimester kedua kehamilan, di mana volume darah Ibu meningkat hampir 50%.

Tanpa zat besi, Ibu akan merasa lemah dan letih. Kekurangan zat besi di masa kehamilan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya si Kecil lahir secara prematur dan memiliki berat badan lahir rendah.

Sangat penting untuk terus memberikan si Kecil zat besi setelah ia lahir, ini dapat membantu si Kecil memiliki kemampuan psikomotorik yang baik, seperti berjalan!

Berapa banyak Ibu perlu mengonsumsi zat besi saat hamil?

Ibu perlu mengonsumsi setidaknya 27 milligram (mg) zat besi setiap hari. Nutrisi ini sangat penting, hingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi suplemen harian yang mengandung 30 hingga 60 mg zat besi. Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen.

Di mana Ibu bisa dapatkan zat besi?

Terdapat banyak makanan yang kaya akan kandungan zat besi, antara lain:

  • Daging, seperti ayam dan kambing

  • Ikan, terutama ikan tenggiri, sarden dan tuna

  • Sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam atau daun kol

  • Buah-buahan, seperti semangka, kismis, aprikot

Mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan vitamin C dapat membantu tubuh menyerap makanan kaya zat besi dengan lebih baik.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!