rsz__0010

Ketika Ibu hamil, ingatlah bahwa janin di dalam perut akan makan makanan yang sama dengan yang Ibu makan. Jadi ingatlah untuk berpikir sebelum Ibu memasukkan apa pun ke dalam mulut.

Beberapa tips untuk membantu menjaga asupan nutrisi Ibu selama kehamilan

Miliki pola makan sehat

Dokter umumnya menyarankan ibu untuk menaikkan berat badan hingga 1-2,5 kg pada trimester pertama kehamilan, sehingga kebanyakan wanita tidak membutuhkan tambahan asupan kalori pada saat ini. Kurangi makanan berlemak dan cobalah mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah, daging (atau alternatifnya) tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan whole grains.

Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Ibu dan janin membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, dari vitamin A sampai zat besi. Piramida Makanan dapat membantu Ibu mengetahui apa saja yang perlu dikonsumsi dan bagaimana memiliki pola makan yang seimbang. Selain itu, tanyakan pada dokter mengenai suplemen vitamin kehamilan.

Dapatkan asupan asam folat

Asam folat sangat penting untuk kesehatan antara lain untuk mencegah cacat lahir, mendukung pembelahan sel yang sehat, dan bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf janin. Jadi pastikan Ibu mendapatkan asupan asam folat yang cukup. Dokter akan menyarankan mengkonsumsi suplemen harian yang setidaknya 400 mcg asam folat, bahkan sejak sebelum kehamilan.

Perhatikan asupan vitamin A

Vitamin A memang dibutuhkan, tapi jika terlalu banyak malah dapat menjadi racun. Ibu disarankan untuk mengonsumsi sekitar 300-350 mcg per hari.

Camilan/makanan ringan

Jika Ibu banyak tidur siang atau merasa mual karena morning sickness, mungkin Ibu akan kehilangan nanfsu makan. Karena itu, Ibu mungkin bisa mencoba makanan ringan. Jaga perut tetap terisi, misalnya dengan cracker atau buah-buahan beku. Jangan lupa untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air di antara waktu makan.

Hindari kebiasaan yang tidak sehat.

Alkohol dan rokok dapat membahayakan kesehatan kehamilan.

Jika membutuhkan bantuan, Ibu bisa menghubungi Call Center Enfa A+, chat di 087777700253 atau Live Chat untuk berkonsultasi mengenai berbagai tips asupan nutrisi dan pola makan untuk trimester pertama kehamilan. Ayo ketahui lebih lanjut nutrisi apa saja yang penting bayi bayi saat masih di kandungan dan berbagai tips untuk menangani keluhan saat trimester pertama kehamilan .