Mengapa Ibu membutuhkan kanduangan serat di masa kehamilan?

Manfaat yang diberikan serat bagi kesehatan Ibu selama hamil membuatnya menjadi salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil. Serat dapat mengurangi keluhan umum yang terjadi di masa kehamilan, dan membuat Ibu dapat menikmati saat-saat kehamilan dengan lebih nyaman.

Misalnya, serat larut yang dapat memperlambat proses pencernaan makanan dan membuat Ibu lebih cepat merasa kenyang. Memakan makanan yang kaya akan serat larut juga dapat membuat Ibu menjaga berat badan selama hamil

Meningkatkan konsumsi serat dapat mencegah terjadinya konstipasi, yang mana keluhan ini sering dialami oleh para ibu hamil. Serat tidak larut menambahkan massa pada kotoran Ibu dan mempercepat proses pembuangan dari tubuh Ibu. Saat mengonsumsi banyak serat, Ibu juga dianjurkan untuk minum banyak air mineral, untuk membantu membersihkan pembuangan dari tubuh!

Berapa banyak serat yang Ibu butuhkan di masa kehamilan?

Saat menjalani masa kehamilan, Ibu disarankan untuk mengonsumsi sekitar 29 gram serat setiap hari. Namun yang terbaik, berikan sistem pencernaan Ibu waktu untuk penyesuaian dengan peningkatan konsumsi kadar serat secara bertahap.

Sumber serat terbaik untuk Ibu

Serat datang tidak hanya dari sayuran hijau. Serat larut terdapat pada beberapa makanan di bawah ini:

  • Biji-bijian, seperti gandum dan barley
  • Sayuran, seperti asparagus, brokoli dan lobak
  • Buah-buahan, seperti markisa, alpukat, pir dan jeruk

Makanan di bawah merupakan sumber serat tidak larut:

  • Produk gandum utuh, seperti roti gandum utuh dan pasta
  • Sayuran seperti kubis dan tomat
  • Bagian kulit ari dari buah-buahan

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!

Pelajari pula bagaimana perkembangan bayi saat masih berada dalam kandungan ibu.  Anda dapat mempelajari tips saat ibu hamil 26 minggu beserta bagaimana perkembangan otak si kecil saat usia segitu. Enfa tidak hanya menerangkan perkembangan janin saat ibu hamil usia 26 minggu tetapi juga menyediakan informasi bermanfat saat ibu hamil usia 4 minggu sampai dengan usia 40 minggu.