Di masa kehamilan, pola makan Ibu sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan serat yang terkandung di resep sandwich Pisang Panggang ini akan bantu mencegah terjadinya konstipasi di masa kehamilan.

Pisang adalah pilihan makanan sehat yang memiliki beberapa manfaat dan nutrisi penting seperti, DHA untuk perkembangan otak dan mata si Kecil, folat yang bantu mencegah terjadinya cacat otak dan tulang belakang pada si Kecil, dan Vitamin B6 yang dapat meringankan mual-mual di pagi hari. Sehingga menu ini cocok dikonsumsi oleh ibu saat hamil usia 11 minggu karena pada usia tersebut  bayi sedang membentuk jaringan korteks otak besar yang memiliki fungsi yang kompleks seperti berbahasa dan memproses informasi. Untuk mendukung perkembangan kognitifnya maka para ibuharus memberikan asupan makanan yang memiliki nutrisi asam lemak omega-3 dan DHA.

Porsi saji: 1

Waktu Persiapan: 5 menit

Waktu Memasak: 10 menit

Total Waktu: 15 menit

Bahan Baku

1                     

 

Pisang berukuran besar

sdm

Krim keju rendah lemak

sdm

Selai kacang

¼

sdm

Madu

Garam secukupnya of salt

4

Lembar

Roti gandum utuh

Minyak goreng untuk melapisi wajan

Cara Memasak Sandwich Pisang Panggang

  1. Potong seperempat bagian pisang dan haluskan ini di mangkuk dengan garpu.

  2. Aduk bersama krim keju, selai kacang, madu dan garam.

  3. Oleskan campuran ini ke dua lembar roti.

  4. Potong sisa pisang, setengahnya pada potongan memanjang dan setengahnya dengan potongan melintang.

  5. Lapisi wajan dengan minyak goreng dan atur suhu panasnya di medium. Masukkan potongan pisang ke wajan dan masak hingga warnanya keemasan. Letakkan pisang ke bagian atas olesan roti dan tutup dengan dua lembar roti.

  6. Bersihkan wajan, olesi kembali dengan mintak goreng atur suhu panasnya di medium.

  7. Masukkan sandwich dan masak hingga cukup terpanggang, sekitar dua menit, balik sandwich agar kedua sisinya terpanggang.

Nutrisi (per sajian)                

Kalori   318.1 kal
Lemak   9.8 g
Lemak Jenuh 2.6 g
Sodium  374.3 mg
Karbohidrat  49.6g
Total Gula   21.4 g
Serat Pangan   6.4 g
Protein      11.5 g
Kolin 26.8 mg        
Mineral Tembaga 0.3 mg
Asam Lemak Omega-3  0.2 g
Asam Lemak Omega-6 2.6 g   
Vitamin B6   0.80 mg
Folat   63.1 mcg
Zat Besi  1.8mg

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!