Piramida makanan merupakan suatu alat bantu visual untuk mendukung pola makan yang seimbang. Meskipun piramida ini senantiasa berubah, pola makan sehat akan selalu menjadi hal yang penting, terutama pada saat dan setelah kehamilan.

Untuk nutrisi yang seimbang selama kehamilan, cobalah konsumsi makanan dari setiap kelompok makanan di bawah ini. Tapi ingat untuk menjaga jumlah asupan lemak, gula, dan sodium. 

Grains

 

Pastikan setengahnya terbuat dari whole grain

 

 

 

 

Sereal, nasi, pasta, roti, oatmeal, cracker, waffle

Sayuran

 

Cobalah berbagai jenis sayuran, tapi pastikan untuk mengonsumsi daun-daunan hijau

 

 

Polong-polongan, wortel, jagung, kentang, bayam

 

Buah

 

Konsumsilah buah-buahan segar, buah kaleng, atau dalam bentuk jus

 

 

 

Apel, jeruk, berries, pisang

 

 

Susu & Dairy

 

Sumber kalsium yang baik, untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi

 

 

 

Yogurt, keju, susu

Daging & Kacang

 

Pilih daging putih/tanpa lemak; kacang-kacangan juga baik sebagai sumber protein

 

 

Daging, ayam, telur, kacang-kacangan

 

Minyak

Minyak memang bukanlah makanan, namun tetap dibutuhkan untuk kesehatan. Dapatkan minyak dari kacnag-kacangan atau dari minyak dalam bentuk cair seperti minyak jagung, minyak kedelai, minyak canola.

Informasi diambil dari Departemen Pertanian Amerika Serikat dan mypyramid.gov

Perhatikan bahwa takaran penyajian yang tertera pada kemasan bisa jadi lebih kecil daripada jumlah yang dimakan. Karena itu pastikan Ibu sudah memperhitungkannya dengan seksama.

Tetapi terkadang saat ibu mamasuki usia kehamilan 12 minggu, ibu merasa sering bersendawa, perut kembung dan  buang gas. Cara mengatasinya, ibu dapat mengurangi konsumsi makanan yang memicu gas seperti bawang, kacang, makanan yang digoreng dan minuman berkarbonasi. Ayo pelajari lebih lanjut keluhan kehamilan apa yang terjadi saat mencapai usia 12 minggu dan bagaimana cara mengatasinya.