Dokter percaya ngidam makanan merupakan hasil dari perubahan hormon selama masa kehamilan, yang dapat meningkatkan sensitivitas penciuman dan mengubah persepsi rasa.

Q: Apakah semua ibu hamil ingin makanan pedas?

A: Belum tentu. Tapi kebanyakan ibu hamil menginginkan kombinasi makanan yang tidak biasa. Pada umumnya, ibu hamil ngidam makanan seperti permen, buah-buahan, jus buah, buah-buahan asam, makanan asin atau pedas, makanan hambar, dan makanan renyah atau alot. Akan lebih baik jika ibu makan makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan DHA. Dengan memakan hal ini anda mendukung perkembangan visual dan kognitif buah hati tercinta. Perlu anda ketahui pada saat janin berusia 26 minggu, si kecil mulai dapat membuka mata dan mengedip.

Q: Mengapa saya jadi tidak menyukai makanan yang biasanya jadi favorit saya?

A: Perubahan hormon selama masa kehamilan juga dapat mengubah persepsi Ibu akan rasa dan aroma, yang dapat berdampak pada perubahan selera makanan. Jika Ibu enggan mengonsumsi makanan sehat, cobalah menggantinya dengan makanan lain yang memiliki kandungan nutrisi serupa.

Q: Mengapa indra penciuman saya jadi sangat sensitif?

A: Hal ini disebabkan oleh hormon. Aroma yang kuat seperti kopi atau parfum dapat mengganggu, atau bahkan membuat Ibu merasa mual.

Jika membutuhkan bantuan, Ibu bisa menghubungi Call Center Enfa A+, chat di 087777700253 atau Live Chat untuk berkonsultasi mengenai berbagai tips asupan nutrisi saat hamil.