Muffin pisang dan selai kacang yang lezat ini dilengkapi dengan kalsium, yang dapat membuat gigi, otot, fungsi saraf dan sel darah si Kecil terbentuk dengan baik. Ditambah, potongan pisangnya mengandung serat,yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan Ibu dan mencegah konstipasi salah satu keluhan yang umum dialami ibu hamil. Selain itu resep ini juga mengandung kolin yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan mengigat dan belajar si kecil karena kolin dapat memicu produksi sel dalam pusat ingatan otak. Hal ini cocok dilakukan saat ibu sedang hamil 26 minggu. Tidak hanya saat usia kandungan 26 minggu tetapi pada saat masa kehamilan sampai melahirkan.

Porsi Saji: 12
Waktu Persiapan: 15 menit
Waktu Memasak: 16 menit
Total Waktu: 31 menit

Bahan Baku

Untuk topping muffin

3         

sdm

Tepung kue gandum utuh

3

sdm

Gula merah

1

sdm

Mentega, dilelehkan

1

sdt

Madu

For the muffins

2         

gelas

Tepung kue gandum utuh

2

sdt

Soda kue

1

sdt

Kayu manis

½

sdt

Garam

½

gelas

Pisang tumbuk

½

gelas

Saus apel tanpa gula

gelas

Selai kacang

½

gelas

Gula merah

1

 

telur

¾

gelas

Susu rendah lemak

1

sdt

Ekstrak vanila

 

 

Minyak goreng untuk melapisi loyang muffin

Cara Memasak Muffin Pisang dan Selai Kacang

  1. Panaskan oven di suhu 200°C (400°F).
  2. Untuk membutat topping muffin yang beremah, campurkan dengan baik semua bahan baku untuk topping di mangkuk. Campurkan ini dengan sendok hingga terbentuk remah basah. Pisahkan.
  3. Untuk membuat muffin, campurkan bahan baku yang kering (tepung, soda kue, kayu manis dan garam) di mangkuk lain dan campurkan hingga lembut.
  4. Di mangkuk terpisah, aduk pisang yang sudah ditumbuk, saus apel, selai kacang, gula merah dan telur hingga tercampur sempurna. Lalu, aduk susu dan ekstrak vanila.
  5. Masukkan campuran bahan baku muffin yang kering ke campuran basah. Aduk campuran ini hingga rata.
  6. Baluri loyang cetak untuk 12 muffin dengan minyak goreng. Masukkan adonan ke loyang cetakan, bagi secara merata. Kemudian berikan topping muffin secara merata di bagian atas adonan.
  7. Panggang ini selama 16 hingga 18 menit di oven yang sudah dipanaskan sebelumnya, hingga tusuk gigi yang ada di bagian tengah muffin keluar ke permukaan dengan sempurna.
  8. Angkat muffin dari loyang dan hidangkan selagi hangat.

Nutrisi (per sajian)                     

Kalori     188kal
Lemak    5.4g
Lemak Jenuh  1.6g
Sodium  221mg
Karbohidrat 31.4g
Total Gula   16.4g
Serat Pangan 2.6g
Protein  5.2g
Kalsium  89 mg
Kolin 21.1 mg         
Folat 10.44 mcg
Zat Besi   0.57 mg
Asam Lemak Omega-3 0.02 g
Asam Lemak Omega-6 1.1 g
Vitamin D 11.45 IU

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!