Mengapa karbohidrat sangat penting untuk Ibu di masa kehamilan?

Membawa si Kecil di rahim Ibu selama masa kehamilan merupakan tugas yang luar biasa dan karbohidrat akan memberikan tubuh Ibu energi tambahan yang Ibu butuhkan. Terutama ketika Ibu mengalami kelelahan di masa hamil, sebuah gejala yang umum muncul pada masa kehamilan.

Ibu bisa memulihkan kembali tenaga Ibu dengan mengonsumsi karbohidrat selama kehamilan, yang akan berubah menjadi glukosa, dan ini digunakan sebagai bahan bakar dari tubuh Ibu, termasuk digunakan untuk fungsi otak dan saraf otot.

Namun sama seperti jenis baterai yang berbeda-beda untuk peralatan elektronik Ibu, terdapat pula perbedaan jenis baterei untuk memenuhi tenaga yang Ibu butuhkan. Memberikan tubuh Ibu jenis dan jumlah 'bahan bakar' dengan tepat dan menjadikan tubuh Ibu lebih sehat untuk pertumbuhan si Kecil. Karbohidrat kompleks, seperti sari pati, menyediakan energi yang berkelanjutan, sementara karbohidrat sederhana  adalah gula, ini memberikan energi yang sifatnya sementara.

Berapa banyak karbohidrat yang Ibu butuhkan di masa kehamilan?

Karbohidrat memenuhi setengah kebutuhan energi dari tubuh, maka sangat penting untuk makan setidaknya 175 gram dari nutrisi penting ini setiap hari.

Dimana Ibu bisa dapatkan karbohidrat?

Sumber karbohidrat kompleks yang baik, termasuk:

  • Produk gandum utuh, seperti roti gandum utuh, sereal dan nasi merah

  • Sayuran, seperti kentang, kacang polong dan jagung

  • Kacang-kacangan, seperti buncis, lentil dan kacang

Pilih sumber karbodrat sederhana yang sehat, seperti:

  • Buah-buahan seperti pisang, mangga dan kismis

  • Produk susu olahan, seperti susu

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!