Hidangan lezat ini dapat dinikmati pada tiap trimester berbeda di masa kehamilan Ibu dan membantu Ibu juga si Kecil mendapatkan asupan rutin DHA yang dibutuhkan. Persiapan dari resep praktis yang sangat mudah untuk dimasak ini dapat membuat Ibu terus mengonsumsi makanan sehat setelah kehamilan!

Resep ini juga dikenal sebagai “Hawaiian mahi mahi”, dengan menggunakan bahan baku ikan, namun dapat Ibu ganti dengan pilihan ikan lainnya yang kaya akan lemak ikan. Resep mudah dan sehat ini mengandung nutrisi tepat yang Ibu butuhkan sebagai konsumsi di masa kehamilan. Contohnya saat ibu sedang hamil usia 33 minggu, pada waktu ini si kecil membutuhkan DHA untuk mendukung perkembangan otaknya sehingga si kecil dapat tumbuh dengan otak yang cerdas. Tidak hanya DHA, resep ini juga mengadung protein yang berfungsi untuk membantu pembentukan jaringan janin mulai dari jaringan kulit, otak, otot dan lainnya.

Porsi saji: 2

Waktu persiapan:  5 menit

Waktu memasak: 6 menit

Total waktu: 11 menit

Bahan Baku

⅓                    

gelas   

Blueberry

gelas

Mangga dipotong dadu

2

sdm

Bawang merah dicacah

1

sdm

Ketumbar dicacah

1

sdm    

Air perasan jeruk nipis

½

sdt

Cabai hijau segar dicacah

2

sdt      

Gula

¼

sdt

Garam, ditambahkan lagi untuk rasa

1

sdt

Minyak zaitun extra virgin

1

sdt

Lada hitam

4

Potong daging (100g per potong)

Ikan yang kaya akan kandungan lemak DHA

 

Cara memasak Daging Ikan dengan Blueberry dan Mangga

1. Campurkan blueberry, mangga, bawang merah, ketumbar, air perasan jeruk nipis, gula dan garam di mangkuk. Jangan khawatir bila blueberry-nya menjadi hancur; ini akan mengeluarkan airnya untuk menambah rasa manis! Pisahkan campuran ini.

2. Lapisi wajan atau panggangan dengan minyak zaitun dan atur suhu panasnya di medium ke tinggi. Bumbui potongan daging ikan dengan garam dan lada, letakkan lebih dulu bagian daging dengan kulit ke wajan. Masak potongan daging ikan sekitar empat sampai lima menit hingga kulitnya tampak sedikit hangus dan renyah.

3. Balik potongan daging ikan dan masak selama dua hingga sampai menit, sampai daging benar-benar matang. Jangan sampai ini menjadi gosong; Bila sudah matang, ikan akan terkelupas dengan mudah ketika ditusuk sedikit dengan garpu.

4. Siram tiap potongan daging ikan dengan campuran blueberry dan sajikan.

Tip: Ibu bisa mengganti jenis ikan yang kaya DHA. Pilih ikan yang berminyak seperti salmon, sarden dan ikan tenggiri.

Nutrisi (per sajian)

Kalori  133.2kal
Lemak   2g
Lemak Jenuh 0.4g
Sodium 245.9mg
Karbohidrat 6.9g
Total Gula 5.5g
Serat Pangan 0.7g
Protein 21.3g
Kalsium 21.9mg
Kolin    2.4mg
Folat  13.9mcg
Zat Besi      1.4mg
Asam Lemak Omega-3   0.2g
Asam Lemak Omega-6  0.2g

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!