Tubuh Ibu bekerja keras di masa kehamilan. Vitamin D adalah nutrisi yang membantu mendukung kinerja beberapa fungsi tubuh yang penting bagi kesehatan Ibu dan si Kecil. Ini membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang membentuk tulang dan gigi si Kecil, dan juga meningkatkan imunitas tubuh Ibu.

Frittata dengan ham dan paprika hijau adalah hidangan sederhana yang mudah dibawa dan dapat dengan mudah menjadi bagian rutin untuk nutrisi seimbang Ibu di masa kehamilan. Selain Vitamin D ini juga mengandung 18 nutrisi lainnya seperti DHA yang kaya asam lemak Omega-3 yang dapat mendukung perkembangan otak dan otot si Kecil. DHA juga dapat mendukung pembentukan kognitif dan motorik si kecil cocok dikonsumsi saat ibu hamil trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga karena ini meupakan periode golden age dari si kecil. Pada periode golden age,perkembanga otak si kecil sangatlah pesat maka dari itu ibu harus memerhatikan asupan gizinya.

Porsi Saji: 4

Waktu Persiapan: 17 menit

Waktu Memasak: 35 menit

Total Waktu: 59 menit

Bahan Baku

2                     

sdm    

Mentega

1

 

Bawang, dicacah

1

 

Paprika hijau, dicacah

½

sdt

Lada hitam

½

sdt

Garam

6

170 gram       

Daging ayam dicacah

8

           

Telur berukuran besar, simpan dalam suhu ruangan

¼

gelas

keju cheddar atau gouda, diparut.

Cara Memasak Frittata dengan Ham dan Paprika Hijau

1. Lelehkan satu sdm mentega di wajan atau panggangan dengan suhu rendah.

2. Tambahkan bawang, paprika, ¼ sdt garam, dan ¼ sdt lada hitam. Masak selama tiga sampai empat menit, aduk sesekali,hingga sayurannya jadi lebih lembut namun tetap garing.

3. Tambahkan daging ayam dan aduk. Masak selama satu menit, hingga ayamnya matang, lalu pindahkan campuran ini ke piring. Biarkan wajan Ibu, karena ini akan segera dipakai lagi.

4. Pisahkan telur, tempatkan kuningnya pada mangkuk berukuran medium dan putihnya di mangkuk berukuran besar. Aduk kuning telur dengan air ¼ sdt garam dan ¼ sdt lada.

5. Kocok putih telur dengan mixer listrik. Gunakan sendok logam, gulung kuning telur ke putihnya. Menggulung artinya mengombinasikan dua hal yang halus dengan sapuan yang lembut. Tujuannya untuk menjaga udara di campuran ini untuk membuat frittata lembut.

6. Kini ambil panggangan atau wajan Ibu tadi dan lelehkan mentega yang tersisa pada suhu rendah. Siram campuran telur dan lebarkan ini di atas wajan dengan sudip karet. Masukkan campuran daging ayam ke telur. Jika Ibu menggunakan keju, bubuhkan ini di atasnya. Tutup wajan dan atur suhunya tetap rendah, masah hingga telurnya matang sempurna, ini kurang lebih akan memakan waktu sekitar 25 hingga 30 menit.

7. Hati-hati memindahkan frittata ke piring. Semakin cepat Ibu hidangkan, semakin baik karena frittata akan mulai menyusut setelah lima menit ke atas.

Tip: Saat Ibu sudah menguasai resep ini, Ibu dapat mencampurkannya dengan berbagai variasi bahan baku berbeda.

Nutrisi (per sajian)                  

Kalori  276.8kal
Lemak  19g
Lemak Jenuh  8g
Sodium 971.1mg
Karbohidrat 5.5g
Total Gula 1.5g
Serat Pangan  1.3g
Protein  20.1g
Kalsium 74.4mg
Kolin   168.7mg
Mineral Tembaga  0.1mg
Folat  55.4mcg
Zat Besi  2.4mg
Asam Lemak Omega-3 0.2g
Asam Lemak Omega-6 2.3g
Vitamin B6 0.4mg
Vitamin D 98.6IU

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!