Mengapa Ibu perlu kalsium selama masa kehamilan?

Kalsium merupakan nutrisi yang sangat penting di masa kehamilan, untuk pembentukan tulang serta menjaga kekuatan tulang dan gigi Ibu juga si Kecil. Kalsium juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, membantu otot dan saraf berfungsi untuk menjaga detak jantung.

Tubuh Ibu juga memahami pentingnya kalsium di saat Ibu sedang hamil. Faktanya, jika si Kecil tidak mendapatkan jumlah kalsium yang ia butuhkan, maka tubuh Ibu akan mengambil kalsium dari tulang Ibu dan memberikannya kepada si Kecil. Mendapatkan cukup kalsium di masa kehamilan juga sangat penting untuk kesehatan Ibu sendiri; ini mengurangi risiko Ibu mengalami osteoporosis pada usia lanjut.

Berapa jumlah kalsium yang Ibu dan si Kecil butuhkan?

Kalsium sebaiknya menjadi bagian dari jadwal makan harian Ibu, baik sebelum masa kehamilan maupun di masa kehamilan, terutama di kehamilan usia tujuh bulan ke atas. Sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 1,000 hingga 1,300 miligram kalsium setiap hari, atau setara dengan empat porsi saji makanan yang kaya akan kalsium.

Di mana Ibu bisa dapatkan kalsium?

Mencukupi asupan kalsium yang direkomendasikan merupakan hal mudah karena terdapat banyak makanan yang kaya akan kandungan kalsium. Jangan khawatir Ibu akan mengalami kekurangan kalsium jika Ibu memiliki intoleransi laktosa. Ibu dapat mengonsumsi suplemen kalsium bebas laktosa, namun sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk hal ini. Sementara itu, Ibu dapat mengonsumsi makanan di bawah ini:

  • Produk olahan susu, seperti keju dan yoghurt

  • Kedelai, yang ada di tofu, susu kedelai dan kacang kedelai

  • Sayuran, seperti bayam, brokoli dan bok choy

  • Kacang-kacangan, seperti almond, biji wijen dan biji bunga matahari

Ingin tahu lebih banyak?

Satu tips lagi bahwa tidak hanya kalsium yang dibutuhkan oleh si kecil dalam kandungan. Ibu juga membutuhkan vitamin C dikarenakan saat usia kandungan 9 minggu  pembuluh darah merah dan biru akan tampak berantakan yang muncul di kaki ibu. Hal ini dapat muncul karena adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah di masa kehamilan. Dengan perubahan gaya hidup ibu seperti mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C, ibu dapat memperbaiki dan menjaga kesehatan pembuluh darahnya. Ingin tahu lebih banyak? Daftar  Enfa Club untuk mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!