Kenapa asam folat di masa kehamilan penting untuk Ibu dan si Kecil?

Asam folat adalah sejenis vitamin B yang larut dalam air dan membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh. Merupakan nutrisi yang sangat penting untuk sistem saraf si Kecil — terutama pada 28 hari pertama dari masa kehamilan, ini adalah saat di mana cacat otak dan tulang belakang paling berisiko terjadi pada si Kecil, dan asam folat dapat membantu mencegah terjadinya risiko tersebut.

Nutrisi ini menawarkan manfaat untuk tubuh Ibu sendiri dan tubuh si Kecil. Untuk Ibu hamil, asam folat dapat mengurangi risiko terjadinya komplikasi saat melahirkan seperti pre-eklampsia dan kelahiran premature.

Berapa banyak asam folat yang Ibu perlu konsumsi di masa kehamilan?

Ibu dapat mengonsumsi 600 mikrogram atau 0.6 miligram asam folat setiap hari selama masa kehamilan. Sebagai awal, Ibu hamil dapat mengikuti rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk mengonsumsi suplemen harian yang mengandung 400 mikrogram atau 0,4 miligram asam folat setiap hari.

Sumber asam folat untuk Ibu

Asam folat bisa didapatkan dari makanan di bawah ini:

  • Sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam, brokoli dan asparagus

  • Telur

  • Hati ayam

  • Kacang-kacangan, seperti kacang polong dan kacang hijau

  • Buah-buahan, seperti jeruk, lemon, pepaya dan pisang

  • Makanan yang sudah terfortifikasi asam folat seperti roti, sereal dan pasta.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!