Bayi Ibu tidak hanya akan mengembangkan indera perasanya sebelum ia lahir, tapi ia juga akan mulai menggunakannya. Ketahui kapan dan bagaimana tahap perkembangan panca indera janin selama di dalam kandungan.

Indera Perasa

Indera perasanya pertama kali muncul saat tahap perkembangan janin usia 2 atau 3 bulan, bersamaan dengan persepsi perasa tahap awalnya. Indera ini akan semakin berkembang baik saat usia kehamilan Ibu memasuki usia trimester ketiga. Preferensi rasa si kecil nantinya akan dipengaruhi oleh rasa yang ia terima dari makanan di masa kehamilan. Jika Ibu memilih untuk menyusui, maka si kecil akan mengenal dan merasa nyaman dengan rasa dari ASI.

Indera Pengelihatan

Indera pengelihatan si kecil adalah salah satu indera yang kompleks dan berkembang dengan pesat. Ia mungkin akan menjadi sensitif terhadap cahaya pada usia kandungan minggu ke 16, namun pandangannya belum akan menjadi tajam dan jelas hingga ia lahir.

Indera Peraba

Pada usia antara 2 hingga 5 bulan kehamilan, indera peraba si kecil mulai berkembang. Sensitivitasnya dimulai dari mulutnya, lalu ke seluruh anggota tubuhnya. Ia akan mengetahui rasa dari tubuhnya dan lingkungannya, dengan mengusap dinding rahim.

Indera Pendengaran

Saat si kecil sudah mulai bergerak di dalam kandungan, ia juga akan mulai mengetahui suara Ibu. Ia bisa mendengar degup jantung Ibu dan suara di dalam perut Ibu. Pada saat hamil minggu ke - 24, pendengarannya sudah terbentuk sangat baik.

Indera Penciuman

Ia akan mampu mencium aroma di sekitarnya pada minggu ke 28 kehamilan, dan kemampuannya akan berkembang pada trimester ketiga. Mengenal aroma adalah salah satu cara ia mengenal dunia di sekitarnya, baik sebelum dan sesudah melahirkan.

Jika membutuhkan bantuan, Ibu dapat menghubungi Enfa A+ Smart Center Via Live Chat & Whatsapp di 08777700253 untuk berkonsultasi lebih jauh mengenai berbagai informasi dan tips mengoptimalkan perkembangan panca indera janin selama masa kehamilan.