Bagaimana perkembangan janin saat memasuki usia 8 minggu?

  • Si Kecil melakukan gerakan pertamanya. Ia sudah mulai bisa merengangkan anggota tubuhnya, di mana tulangnya juga sudah semakin kuat.

  • Jantung si Kecil berdetak hingga 150 kali setiap menitnya – dua kali lebih cepat dibandingkan detak jantung Ibu.

  • Tubuh si Kecil terus berkembang disaat saat perkembangan janin 8 minggu. Mata, telinga, bibir dan hidung si Kecil sudah semakin jelas. Paru-paru, jari tangan dan jari kakinya juga terus terbentuk saat sang ibu hamil 8 bulan.

Bagaimana perkembangan otak si kecil saat janin memasuki usia 8 minggu?

  • Korteks otak besar dari otak si Kecil mulai terbentuk. Area otak ini berfungsi untuk fungsi otak yang lebih berat seperti memproses informasi.

  • Dukung perkembangan kognitif si Kecil yang lebih jauh dengan memberikannya DHA, sebuah asam lemak omega-3, di saat dan sesudah masa kehamilan. Mari coba resep Irisan Daging Ikan Dengan Blueberry Mangga, hanya butuh waktu kurang lebih 11 menit. Praktis untuk ibu hamil yang tidak mau terlalu sulit mempersiapkan makan tetapi ingin si kecil menerima asupan makanan bergizi.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi saat perkembangan usia  janin 8 minggu?

Sakit punggung, terutama di bagian bawah punggung Ibu, merupakan keluhan umum yang terjadi saat perkembangan janin 8 minggu, karena terdapat perubahan hormon dan beban dari perut Ibu yang semakin membesar. Tangani rasa sakit dan nikmati masa kehamilan dengan tips di bawah ini:

  • Kurangi tekanan di punggung Ibu. Pada saat perkembangan janin memasuki usia 8 minggu ini lebih baik tempatkan bantal kecil di bagian punggung bawah saat Ibu duduk. Saat tidur, menghadap ke samping dan letakan bantal di antara lutut Ibu.

  • Olahraga. Regangkan bagian punggung bawah untuk bantu memperkuat otot tersebut, namun konsultasikan dengan dokter mengenai olahraga yang disarankan bagi ibu hamil.

Tips untuk ibu saat perkembangan janin memasuki usia 8 minggu!

Sakit punggung bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup, kontak dokter jika rasa sakit tidak tertahankan atau terjadi terus menerus hingga lebih dari dua minggu.

Baca Juga : Bagaimana perkembangan janin saat ibu hamil usia 9 minggu

Ingin tahu lebih banyak saat perkembangan janin memasuki usia 8 minggu?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!