Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 5 minggu?

  • Si Kecil kini seukuran ujung pena. Pada tahap kehamilan 5 minggu ini, janin di kandungan Ibu disebut sebagai embrio.

  • Plasenta mulai memberikan nutrisi penting kepada si Kecil. Hingga minggu keempat atau kelima kehamilan, si Kecil menerima hampir semua nutrisinya dari dinding rahim.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 5 minggu?

  • Kini si Kecil berbentuk sebagai embrio, yang terbentuk dari lapisan nutfah endodermal. Bagian terluarnya akan terbentuk menjadi otak si Kecil, sumsum tulang belakang, saraf dan tulang belakang.

  • Ibu dapat menjaga perkembangan otak si Kecil di masa awal kehamilan dengan mengonsumsi 200 milligram nutrisi DHA,setiap hari. Ketahui berbagai manfaat DHA yang merupakan hadiah ibu untuk otak si kecil.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 5 ini?

Saat ini tubuh Ibu beradaptasi dengan janin yang tumbuh di dalam tubuh Ibu, mungkin Ibu akan mulai merasakan gejala seperti kelelahan dan mual-mual di pagi hari. Ini adalah cara untuk menangani perubahan yang terjadi dan meningkatkan kesehatan di masa kehamilan:

  • Olahraga teratur teratur pada saat hamil 5 minggu ini. Olahraga ringan seperti berjalan dapat meningkatkan kualitas tidur Ibu dan membantu Ibu merasa cukup beristirahat.

  • Konsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi penting. Lebih tepatnya, karbohidrat dan makanan yang kaya akan protein dapat meningkatkan tenaga Ibu, dan konsumsi karbohidrat dengan rasa yang cenderung hambar dapat- mengurangi mual.

Tips untuk Ibu di saat hamil 5 minggu

Untuk meningkatkan konsumsi nutrisi penting, Ibu dapat mengonsumsi multivitamin, yang mengandung nutrisi seperti asam folat dan kalsium. Konsultasikan dengan dokter mengenai obat-obatan maupun multivitamin apapun yang Ibu konsumsi di masa kehamilan, untuk memastikan ini aman dan bermanfaat bagi si Kecil. Selain itu anda dapat mengetahui lebih banyak tentang kondisi janin dengan membaca kalender kehamilan yang menjelaskan perkembangan janin pada trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga.

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!