Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 4 minggu?

  • Ukuran si Kecil sebesar ukuran pasir putih. Si Kecil masih seperti sebuah sel, yang disebut dengan blastosis. Dalam waktu dekat, bagian dari blastosis akan berubah menjadi embrio dan berkembang menjadi bayi.

  • Dinding rahim Ibu menebal dengan darah yang kaya nutrisi. dimasa hamil 4 minggu ini rahim Ibu sudah dipersiapkan untuk momen ini, untuk memberikan si Kecil nutrisi yang Ibu konsumsi, jadi sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 4 minggu?

  • Tabung saraf si Kecil mulai dibentuk pada saat ibu hamil 4 minggu atau bulan pertama kehamilan. Nantinya ini akan menjadi otak si Kecil, tulang belakang dan sistem sarafnya.

  • Ibu dapat membantu perkembangan otak si Kecil dengan konsumsi 200 milligram DHA dan 46 gram protein setiap hari di tahap kehamilan 4 minggu ini. Kekurangan asupan protein dapat mempengaruhi perkembangan otak si Kecil, juga mempengaruhi kemampuan daya ingat dan kemampuan bahasa si Kecil.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 4 ini?

Pada masa hamil 4 minggu ini mungkin Ibu akan mengalami sakit kepala, ini merupakan keluhan umum ibu hamil karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Coba melakukan beberapa tips di bawah ini untuk mengurangi keluhan dan meningkatkan kesehatan di masa kehamilan:

  • Monitor makanan Ibu selama hamil 4 minggu ini. Eliminasi makanan yang mungkin dapat memicu sakit kepala dan migren, terutama makanan di dalam kemasan.

  • Minum air mineral lebih banyak. Dehidrasi dapat menjadi sumber sakit kepala yang berulang, sebaiknya Ibu selalu menghidrasi tubuh dengan cukup minum air mineral.

  • Minta bantuan medis jika rasa sakitnya tidak kunjung hilang karena ini bisa mengindikasi kondisi seperti anemia atau pre-eklampsia.

Tips untuk ibu di saat hamil 4 minggu

Jika Ibu belum memiliki dokter kandungan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai mencari opsi dokter kandungan. Ibu dapat bertanya pada teman-teman yang sebelumnya sudah melahirkan, atau bergabung di kelompok online dan forum untuk mendapatkan rekomendasi. Selain itu anda juga dapat mengatahui apa yang terjadi pada masa kehamilan dengan membaca kalender kehamilan pada trimester 1, trimester 2 dan trimester 3. Sehingga anda dapat mempunyai bayangan tentang perkembangan si kecil di janin anda. 

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!