Si kecil belajar mengenali rasa di masa kehamilan 11 minggu hingga 14 minggu

Si kecil mengembangkan indera perasa dan persepsi rasa selama periode kehamilan 3 bulan hingga sekitar minggu ke-14 kehamilan. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar selera makan Si kecil di masa mendatang dipengaruhi oleh makanan Ibu. Kelak, jika Ibu memilih untuk menyusui, Si kecil akan merasa nyaman dan mengenali rasa ini dalam ASI. Karena preferensi makanan Si kecil bermula sejak ia masih dalam kandungan, Ibu perlu untuk memberi Si kecil sebuah awalan penuh gizi yang baik.

Pastikan menu sehat Ibu terdiri dari sayuran, buah, daging tanpa lemak atau pengganti daging seperti tahu segar dan susu kedelai yang diperkaya dengan kalsium. Makanan lain yang kaya akan kalsium - penting untuk perkembangan gigi dan tulang sehat Si kecil - adalah wijen, kacang almond, sawi, udang kering, dan ikan seperti ikan sarden yang tulang dan seluruh bagian tubuhnya dikonsumsi. Para ahli juga menyarankan untuk konsumsi multivitamin prenatal agar Ibu mendapat asupan nutrisi penting sesuai jumlah yang disarankan.

Cobalah untuk menghindari makanan berlemak selama kehamilan dan mengganti kopi atau teh hijau. Bukan berarti Ibu harus berhenti mengonsumsi minuman favorit. Ibu hanya perlu membatasi asupan kafein dalam jumlah tidak lebih dari 200 mg per hari untuk mengurangi risikonya terhadap kesehatan Si kecil.

Bagaimana cara Si kecil makan?

Ibu menyalurkan nutrisi yang dibutuhkan Si kecil lewat tali pusar. Tali kehidupan ini membentang dari sebuah lubang di perut Si kecil menuju plasenta dalam rahim. Tali pusar dengan dua pembuluh arteri dan satu pembuluh vena ini berfungsi penuh antara masa kehamilan 11 minggu sampai 14 minggu. Pembuluh vena menyalurkan nutrisi dan darah dengan oksigen kepada Si kecil; sementara jantungnya memompa darah tanpa oksigen lewat pembuluh arteri.

Hal ini berarti bahwa makanan Ibu tidak hanya mempengaruhi preferensi makanan Si kecil, tetapi makanan Ibu selama kehamilan juga berdampak langsung pada kesehatan pertumbuhan dan perkembangan Si kecil. Jadi, pastikan Ibu mendapat asupan DHA, asam lemak omega-3, yang berfungsi untuk fondasi perkembangan otak dan mata Si kecil, dalam jumlah yang cukup. Tetaplah mengonsumsi makanan sehat untuk memastikan Si kecil mendapatkan nutrisi terbaik. Si kecil menggantungkan semua kebutuhannya pada Ibu!

Tahukah Ibu?

Bahkan pada usia dini, Si kecil sudah bisa cegukan, meskipun Ibu tidak akan merasakannya. Pita suaranya mulai berkembang pada sekitar minggu ke-13.

Apa perkembangan lain yang dialami Si kecil?

Selama tahap kehamilan ini, Si kecil mencapai berat sekitar 30 gram dan panjang sekitar 7,6 cm dan organ dalamnya mulai berfungsi.

Pada akhir kehamilan bulan ke-3 ini, Si kecil akan memiliki telinga kecil, mata, kelopak mata, alis dan bahkan rambut. Kuku, alat kelamin, dan gigi juga mulai tumbuh dan berkembang. Jenis kelamin Si kecil sekarang dapat dilihat dari USG, meskipun Ibu biasanya akan ditanya apakah Ibu ingin tahu jenis kelamin Si kecil laki-laki atau perempuan, atau apakah Ibu lebih memilih untuk mencari tahu pada saat dia telah lahir. Ibu juga dapat melihat Si kecil dan mendengar detak jantung mungilnya melalui USG.

Bulan depan, saat trimester kedua kehamilan dimulai, Si kecil juga mengembangkan indera lain dan dapat melihat untuk pertama kalinya. Untuk mempelajari bagaimana indera visualnya maupun indera lainnya berkembang. Maka dari itu mari baca tahap-tahap kehamilan mulai dari minggu ke 4 sampai dengan minggu ke 40. Pelajari setiap tahap kehamilan Ibu untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

Ketinggalan tahap perkembangan Si kecil bulan lalu? Ibu dapat melihat seberapa jauh perkembangan Ibu dan Si kecil dalam tahap kehamilan 2 bulan.

Menu makanan Ibu saat hamil mempengaruhi preferensi makanan Si kecil di masa mendatang. Pelajari cara membuat makanan yang mudah, cepat, lezat dan mengandung DHA yang penting untuk Si kecil dan Ibu.

Ingin mengetahui lebih jauh tentang bagaimana Si kecil berkembang selama kehamilan - plus, konsultasi gizi, online support dan banyak lagi? Yuk daftar di Enfa Club untuk mendapat artikel baru, tips praktis dan bonus cantik yang dapat membantu Ibu dan Si kecil!