Si Kecil aktif bergerak pada minggu ke-7 hingga ke-10 

Si Kecil mungkin memang hanya sepanjang dua inci (lima sentimeter), namun dia sedang mengalami beberapa perubahan luar biasa selama bulan kedua kehamilan ini. Meskipun Si Kecil hanya seukuran jari kelingking Ibu, dia telah memiliki tangan, kaki, lengan dan kaki kecil. Pada sekitar minggu kesembilan, dia mulai bergerak di dalam rahim dan menggerakkan tangannya ke mulut. Gerakan pertama ini melibatkan seluruh tubuh, namun pada bulan ketiga dia akan mampu menggerakkan anggota badannya secara tersendiri.   

Bagaimana cara memberi kekuatan untuk bergerak pada Si Kecil?

Meskipun Ibu mungkin tidak terlihat atau bahkan belum merasa hamil, sekarang adalah saatnya untuk memastikan Si Kecil telah berkembang sesuai tahapannya. Hal ini berarti Ibu perlu mengonsumsi makanan sehat, terutama karena Si Kecil makan makanan yang Ibu konsumsi!

Menerapkan menu diet seimbang yang mengandung nutrisi penting sesuai kebutuhan Si Kecil adalah kunci untuk kehamilan sehat. Cobalah untuk makan banyak buah dan sayuran, daging tanpa lemak atau protein seperti ikan dan telur, dan hindari makanan berlemak, alkohol dan makanan mentah seperti sushi.

Dokter menyarankan untuk konsumsi multivitamin dengan setidaknya 400 µg (0,4 mg) asam folat setiap hari sebelum hamil dan selama masa kehamilan. Selain membantu mencegah cacat lahir, asam folat mendukung pembelahan sel yang sehat dan memelihara sistem syaraf Si Kecil yang sedang berkembang.

Pisang adalah makanan alami yang kaya vitamin B kompleks dan asam folat yang penting untuk perkembangan tulang belakang Si Kecil. Satu buah pisang memenuhi sekitar 12% dari kebutuhan harian Ibu – yang berarti mengandung lebih banyak folat dibandingkan buah lain.

Multivitamin harian dengan kandungan 16 sampai 20 mg zat besi yang penting untuk produksi sel darah merah, dapat mendukung kehamilan yang sehat. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan multivitamin yang Ibu konsumsi mengandung jumlah zat besi yang tepat. Pastikan untuk memasukkan makanan kaya zat besi dalam menu seperti daging sapi, telur, kacang kering dan buncis, almond dan kacang mede.

Dengan Si Kecil yang memerlukan banyak nutrisi penting untuk pertumbuhan yang sehat, mungkin ini saatnya memulai rencana menu harian untuk memantau kebutuhan gizi Si Kecil yang sedang berkembang.

Tahukah Ibu?

Meskipun jenis kelamin Si Kecil ditentukan pada saat pembuahan, hormon pembeda jenis kelaminnya keluar selama bulan kedua kehidupan dan organ seksnya pun mulai berkembang.

Si Kecil mulai bergerak, namun apa yang terjadi pada otaknya?

Tahapan ini juga merupakan waktu penting untuk pertumbuhan intelektual dan sensorik Si Kecil. Selama periode ini, otak, sumsum tulang belakang, sistem saraf dan tulang punggung Si Kecil terbentuk serta jantung dan sistem peredaran darah berkembang.

Dalam 16 sampai 18 minggu pertama kehidupan Si Kecil, otaknya menciptakan sekitar 100 miliar neuron. Neuron ini adalah fondasi otaknya. Tindakan seperti berpikir, merasa, bernafas, dan, pada akhirnya, berjalan, dapat Si Kecil lakukan karena sel-sel tersebut berkomunikasi satu sama lain.

Makan makanan yang sehat dan seimbang pada tahap kehamilan ini adalah salah satu cara untuk mendukung Si Kecil tumbuh dan mencapai tahap perkembangannya di bulan mendatang. Untuk itu, asupan nutrisi prenatal Ibu harus mencakup Vitamin D, asam folat dan DHA (lemak omega-3 yang membantu perkembangan otak dan mata Si Kecil) dalam jumlah cukup.

Makanan yang perlu dikonsumsi selama kehamilan mencakup sayuran hijau seperti bok choy, choy sum dan selada air, yang membantu perkembangan sistem saraf Si Kecil. Selain itu, makanan kaya kalsium seperti kacang-kacangan, tahu, susu kedelai, keju, brokoli dan bayam akan membantu perkembangan kesehatan gigi dan tulangnya.

Mari pelajari melalui kalender kehamilan Enfa untuk mengetahui perkembangan janin si kecil dari usia 4 minggu hingga 40 minggu. Pada kalender tersebut juga dijelaskan berbagai tips untuk mengatasi keluhan kehamilan ibu. Tunggu apa lagi? Ayo mari pelajari segera sehingga tumbuh kembang anak menjadi maksimal.

Ketinggalan tahap perkembangan Si Kecil bulan lalu? Lihat seberapa jauh pencapaian Ibu dan Si Kecil dalam tahap Kehamilan: Bulan 1.

Ingin mengetahui lebih jauh tentang bagaimana Si Kecil berkembang selama kehamilan - plus, konsultasi gizi, online support dan banyak lagi? Yuk daftar di Enfa Club untuk mendapat artikel baru, tips praktis dan bonus cantik yang dapat membantu Ibu dan Si Kecil!

Kehamilan adalah momen perubahan besar dan awalan baru. Untuk itu, download aplikasi A + Mama Apps  yang dapat membantu Ibu mengoptimlkan masa kehamilan ini.

Aplikasi ini dapat mendokumentasikan masa kehamilan, memberi tips dan saran terbaik selama tahap perkembangan gestasi dan kehamilan yang sehat, sekaligus bantu Ibu mendukung perkembangan otak Si Kecil.