kondisi janin saat ibu hamil 12 minggu

Apa yang terjadi pada saat ibu hamil 12 minggu?

  • Perkembangan si Kecil terus berlanjut. Panjangnya kini sekitar 6,3 cm dan beratnya lebih dari 14 gram.

  • Pita suara si Kecil sedang terbentuk. Siap-siap mendengarkan tangisan kerasnya saat ia lahir!

  • Hampir semua sistem internal si Kecil terbentuk dan mulai berfungsi. Misalnya ginjal si Kecil yang sudah bisa memproses cairan amnion dan menjadikannya urin, dan otot di pencernaannya sudah mampu berkontraksi.

Bagaimana perkembangan otak si Kecil pada saat ibu hamil 12 minggu?

  • Otak si Kecil mulai mengembangkan serabut saraf yang sangat penting untuk koordinasi gerak, sensor dan fungsi kognitif di antara otak kiri dan otak kanannya.

  • Tingkatkan usaha si Kecil untuk mengembangkan area di otaknya ini dengan mengonsumsi makanan untuk otak yang kaya akan asam lemak omega-3, DHA, di masa kehamilan.

Keluhan kehamilan apa yang mungkin Ibu hadapi di minggu ke 12 ini?

Keluhan yang sering terjadi saat hamil 12 minggu ini mungkin akan membuat situasi sosial Ibu terganggu, namun hal ini sangat umum dialami oleh para ibu hamil, yakni bersendawa, perut kembung dan buang gas. Tips di bawa ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan Ibu:

  • Makan dalam porsi kecil sepanjang hari, dibandingkan mengonsumsi makanan tiga kali sehari dalam porsi besar, untuk mencegah perut kembung. Coba untuk tidak makan terlalu banyak, terlalu cepat karena ini dapat membuat Ibu bersendawa.

  • Hindari makanan yang memicu gas seperti bawang, kacang, makanan yang digoreng dan minuman berkarbonasi.

  • Tetap berolahraga. Aktivitas fisik ringan dapat membantu pencernaan tubuh Ibu. Ibu dapat melakukan senam sederhana untuk menjaga kebugaran tubuh. Beberapa manfaat yang dapat ibu rasakan jika melakukan aktivitas senam adalah meredakan rasa sakit selama masa kehamilan dan meningkatkan stamina ibu.

Tips untuk Ibu saat sedang hamil 12 minggu

Olahraga ringan seperti menjaga gerak tubuh lebih lambar untuk menjaga otot Ibu dapat melonggarkan otot di tahap kehamilan 12 minggu ini. Ini karena tubuh Ibu memproduksi homon yang disebut relaxin, yang dapat membantu serviks bisa melebar saat persalinan. Ingat untuk konsultasi dengan dokter sebelum melakukan olahraga apapun di masa kehamilan.

Baca Juga : Kondisi janin ibu saat ia sedang mengandung usia 14 minggu

Ingin tahu lebih banyak?

Daftar untuk Enfa Club mendapatkan artikel terbaru, tips bermanfaat gratis yang dapat membantu Ibu dan si Kecil!

Pelajari lebih lanjut mengenai bagaimana tumbuh kembang janin pada trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga melalui sesuai trimester kehamilan.