Dari degup jantung pertamanya hingga tendangan, rasa yang ditimbulkan oleh janin di dalam kandungan Ibu akan membuat Ibu merasa bahwa kehamilan itu benar-benar nyata. Berikut ini adalah tahapan dari perkembangan umum janin dari minggu ke minggu dan gerakannya di dalam rahim, dan kapan Ibu akan mulai merasakan gerakannya.

Minggu 9

Bayi kecil Ibu akan mulai untuk berputar di dalam kandungan. Ia akan mulai menggerakan tangan dan kakinya dan mulai memasukkan tangannya ke dalam mulutnya.

Minggu 13 ke 16

Telinga, mata, alis dan rambut si kecil mulai tumbuh. Ia juga mungkin akan mulai cegukan, namun Ibu tidak akan terlalu merasakannya.

Minggu 20

Mungkin Ibu mulai merasakan ada kibasan di perut Ibu karena gerakan janin yang menjadi semakin terkordinasi. Biarkan suami dan keluarga Ibu merasakan keajaiban pertumbuhan dan perkembangannya sedang berlangsung.

Minggu 21

Mungkin Ibu akan merasakan cegukan juga, karena ia mulai belajar bernafas.

Minggu 23 ke 28

Ia mulai sibuk mempraktekan gerakan yang dapat membantunya makan, minum dan bernafas. Dengan semakin besar tubuhnya, maka gerakannya semakin kuat. Bergantung pada sejauh mana ukuran tubuhnya. Gerakannya mungkin akan menjadi lebih pelan pada trimester ketiga, ketika ruang geraknya semakin sempit.

Minggu 27 ke 30

Dengan berkembangnya kemampuan janin untuk mendengar dan mengingat, mungkin Ibu akan merasa ia mulai memberi reaksi terhadap suara seperti jika Ibu menyanyikan lagu untuknya.

Minggu 31 ke 34

Pergerakannya mungkin akan berkurang karena ruang yang semakin sempit di dalam kandungan. Ia mulai akan memiliki pola tidur, yang mungkin tidak akan sesuai dengan waktu tidur Ibu.

Minggu 35 hingga melahirkan

Ia akan pindah ke posisi janin dan turun ke panggul Ibu untuk persiapan lahir. Ini mungkin membuat Ibu bernafas dan makan lebih mudah, atau membuat Ibu berjalan dan duduk lebih sulit.

Jika membutuhkan bantuan, Ibu dapat menghubungi Enfa A+ Smart Center Via Live Chat & Whatsapp di 08777700253 untuk berkonsultasi lebih jauh mengenai berbagai informasi dan tips optimalkan perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan setiap minggunya.